Renungan Harian Youth, 24 April 2020

Syalom selamat pagi … rekan-rekan Elohim Youth, bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan baik-baik semuanya ya …

Amsal 4:23 Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah tepancar kehidupan.  

Versi Firman Allah Yang Hidup (FAYH) mengatakan bahwa

yang terutama sekali, jagalah hatimu karena hatimu mempengaruhi segala sesuatu dalam hidupmu.”

Hati manusia …

adalah pusat pengendali sikap dan keputusan, apa yang dikatakan oleh hati sering kali kita patuhi. Hati tidak berbohong, namun hati dapat memerintahkan kita untuk bebohong. Hati tidak dapat membunuh, tapi hati dapat memerintahkan tangan untuk membunuh, maka dari itu waspadalah dengan hatimu, segera sadari bagaimana respon dan keadaan hatimu akan sesuatu.

Hati dapat mencerminkan kehidupan atau keadaan hidup kita yang sesungguhnya, Firman Tuhan bilang dalam

Lukas 6:45 (FAYH) orang yang baik berbuat baik, karena hatinya baik. Dan orang jahat berbuat jahat, karena hatinya jahat. Apa pun yang tekandung di dalam hati, itulah yang keluar dari mulut.

Ingatkah kalian akan cerita Kain dan Habel? Ketika persembahan Kain tidak diterima Tuhan, hati kain panas dan mukanya muram

Kejadian 4:5 tetapi Kain dan korban persembahannya tidak diindahkan-Nya. Lalu hati Kain menjadi sangat panas, dan mukanya muram.

Kain mulai iri dengan Habel dan timbul niat jahat dalam hati Kain, sampai akhirya dia membunuh Habel, adiknya. Padahal Tuhan sudah memperingatkan Kain akan dosa yang mengintip karena amarah dan iri hatinya kepada Habel

Kejadian 4:7 Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engaku harus bekuasa atasnya.

Ketika ada sedikit saja celah di hati kita untuk berbuat jahat, maka disaat yang sama iblis pun sudah bersiap-siap untuk membujuk dan menarik kita melakukan perbuatan jahat yang timbul dalam hati, maka dari itu jagai hatimu dengan respon yang benar akan setiap hal yang menghampirimu supaya hati kita tidak dicemari dan dikacaukan oleh dosa, pertahankan pikiran yang positif dan buang jauh-jauh segala pikiran negatif.

Pentingkah kita menjaga hati? penting banget

Firman Tuhan bilang dari hati yang dijaga, akan terpancar kehidupan, karena hati yang dijaga dengan baik akan mengalirkan hal-hal yang baik dalam hidup, menghasilkan buah-buah yang baik bagi orang lain terutama untuk kemulian Tuhan lewat perkataan, pikiran, dan tindakan kita yang memberkati dan meneguhkan orang lain, bukan sumpah serapah, fitnah, cibiran, iri hati, dan kebohongan yang membuat orang lain tidak terberkati.

Gimana cara untuk kita jaga hati? satu-satunya cara adalah dengan

Berikan input yang baik dalam hatimu, yaitu Firman Alllah agar hidupmu menghasilkan output yang baik.

Kenapa harus Firman Tuhan yang jadi input dalam hati kita? karena 

Mazmur 33: 4 (FAYH) berkata  “Karena semua Firman Allah adalah benar dan semua yang dilakukan-Nya sempurna.”  

Mazmur 199: 9 (FAYH) juga menyampaikan Bagaimanakah seorang anak muda dapat menjaga agar hidupnya tetap bersih? Dengan membaca firman-Mu dan mengikuti petunjuk-petunjuknya.

Jadi jelas bahwa satu-satunya input yang benar adalah Firman Tuhan. Mintalah pertolongan Roh Kudus untuk memimpin dan membantu kita menjaga hati dengan segala kewaspadaan.

Yuk sama-sama kita berkomitmen untuk menjaga hati sesuai dengan kebenaran Firman Allah:

Tuhan aku mau menjaga hati ku dengan segala kewaspadaan, menjadikan Firman-Mu sebagai pegangan dalam hidupku, agar hati ku memancarkan kehidupan.

IM – YDK