Renungan Harian Anak, Selasa 22 September 2020

Amsal 4 : 23, jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

Shalom Elohim kids apa kabarnya hari ini, kakak berharap adik-adik semua dalam keadaan yang baik. Sebelum kita merenungkan Firman Tuhan kita akan berdoa dulu ya.

Nah adik-adik siapa di sini yang mulai bosan di rumah?…. sekarang kakak mau cerita tentang seorang anak yang bernama Septa. Septa mulai mengeluh bosan di rumah karena pandemic covid 19. Septa sering marah-marah jika di suruh mengerjakan tugas, padahal semua keperluan Septa tercukupi, kuota internet unlimited, makanan kesukaannya selalu ada di sediakan oleh mamanya. Tetapi tidak tahu mengapa si Septa merasa bosan dengan semuanya. Padahal kalau kita perhatikan di luar sana jangankan kuota internet hp saja untuk belajar mereka tidak punya. Akhirnya papa punya inisiatif untuk mengajar Septa tentang arti kebenaran Firman Tuhan. “Septa sini nak, mengapa Septa selalu marah-marah” Tanya papa. “ gak tau, pokoknya aku bosan” jawab Septa ketus. “ok sekarang, supaya Septa terhibur kita ajak masuk ya kucing yang ada di depan itu” . Septa pun melakukan apa yang di sarankan Papa. Keesokan paginya rumah menjadi berantakan karena kucing liar itu mengigit semua benda yang ada di rumah.” Mamaaa… kucingnya mengacaukan seluruh rumah “ Septa berteriak kencang. Mamapun mengeluarkan kucing dan menyarankan Septa untuk membawa ayam kedalam rumah supaya tidak bosan. Esok pagi … Septa berteriak lagi dengan kencang “ mamaaaaa…. Kenapa kotoran ayam ada di mana-mana. Dan kembali mama mengeluarkan ayam dan membersihkan seluruh rumah. Setelah itu mama mendekat Septa sambal mengelus kepalanya sambal berkata pelan “ Septa anakku, bagaimana rasanya ada kucing liar dan ayam di dalam rumah?”.” Aduuhh maaa… jorok mereka mengacaukan seluruh rumah”. “Nahh Septa anakku seperti itulah hati kita kalau kita memasukkan hal-hal yang tidak pada tempatnya maka semua akan kacau.

Nah adik-adik Seperti hatimu saat ini jangan di isi dengan kemarahan, atau ketidak puasan yang menjadikan kamu bosan. Tetapi adik-adik harus selalu bersyukur dan menikmati semua yang ada. Isi hati adik-adik dengan apa yang benar dan yang berkenan kepada Tuhan. Kalau adik-adik isi hati dengan kemarahan maka, hati adik-adik akan penuh dengan kemarahaan terus.

Ayo jaga hati adik-adik supaya tetap bersih, jangan biarkan diisi dengan hal-hal yang kotor, karena dari hati adik-adik terpancar kehidupan. Kalo hatinya banyak kotoran maka yang dialirkan adalah hal-hal yang tidak baik. Tapi kalo hati adik-adik berisi hal yang baik maka yang keluar juga hal-hal yang menyenangkan dan jadi berkat buat orang lain.

Selama pandemi ini isi hatimu dengan hal-hal yang baik misalnya : berdoa, membaca Firman Tuhan, memuji Tuhan. Maka kamu akan meraskan ketenangan dan nyaman meskipun kamu di rumah saja.

Ayat hafalan

Amsal 4 : 23 jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

Komitmenku hari ini

Aku tahu penting untuk belajar menjaga hati dengan benar, aku mau belajar untuk mengisi hatiku dengan hal-hal yang baik dan benar.

RS – SP