Dalam Minggu Paskah ini, mari kita merenungkan betapa besar kasih dan Pengorbanan Tuhan Yesus bagi setiap kita orang yang berdosa. Sebagai orang yang telah menerima kasih karunia Allah, ada hal yang sangat penting dalam kehidupan kita adalah

JANGAN PERNAH KEHILANGAN ARTI SALIB KRISTUS

Hal yang Tuhan Yesus kerjakan diatas Kayu Salib adalah “substitusi” bagi kita, Dia yang menggantikan posisi kita, karena kita yang seharusnya mati dan menderita tetapi Yesus mengambil posisi kita untuk menebusnya.

Bagi Rasul Paulus, pemberitaan mengenai Karya Salib Kristus ada Kekuatan Allah yang membawa keselamatan.

I Korintus 1:18, Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.

I Korintus 2:2. Sebab aku telah memutuskan untuk tidak mengetahui apa-apa di antara kamu selain Yesus Kristus, yaitu Dia yang disalibkan

Galatia 6:14, Tetapi aku sekali-kali tidak mau bermegah, selain dalam salib Tuhan kita Yesus Kristus, sebab olehnya dunia telah disalibkan bagiku dan aku bagi dunia.

Diatas Salib Yesus segala perkara besar dilakukan oleh Yesus bagi umat Manusia

Ada pemulihan, pengampunan, kesembuhan, pengorbanan, penyediaan, kasih karunia dan hal-hal besar lain. Seluruh berkat-berkat keselamatan mengalir dari Salib ~ menghasilkan pengampunan yang membebaskan kita dari maut.

Yesaya 44:22, Aku telah menghapus segala dosa pemberontakanmu seperti kabut diterbangkan angin dan segala dosamu seperti awan yang tertiup. Kembalilah kepada-Ku, sebab Aku telah menebus engkau!

Yang dibutuhkan orang berdosa adalah pengampunan yang mengalirkan kesembuhan dan pemulihan bagi dosa-dosa kita. Harga Pengampunan Dosa adalah kematian dan pengorbanan Tuhan Yesus.

Salib Kristus menghasilkan kekudusan untuk menghasilkan hati nurani yang bersih

karena kita adalah umat yang kudus dan kepunyaan Allah sendiri

1 Petrus 2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib

Salib Kristus memberikan Pendamaian

Kita beroleh damai sejahtera yang sejati karena Salib Kristus membawa pendamaian antara manusia yang berdosa dengan Allah.

Efesus 2:14-16. Karena Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan …  telah merubuhkan tembok pemisah, yaitu perseteruan,… membatalkan hukum Taurat …  menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera, dan untuk memperdamaikan keduanya, di dalam satu tubuh, dengan Allah oleh salib, dengan melenyapkan perseteruan pada salib itu.

Diatas salib Yesus menyerukan kalimat sorak kemenangan “SUDAH SELESAI” ~ seluruh berkat salib sudah digenapi bagi kehidupan kita.

Diatas kayu salib ada penukaran yang besar dan ajaib, terjadi sebuah cawan kematian yang digantikan cawan kehidupan. Cawan kematian itu berisi seluruh dosa dan kematian, kutuk seluruh umat manusia.
Kristus mengosongkan cawan yang pahit agar Dia dapat menggantikan dengan cawan perjamuan kudus yang menghasilkan berkat dan kehidupan bagi kita semua.