anak_Tuhan_tidak_boleh_sombong

Renungan Harian Anak, 05 Agustus 2020

Selamat pagi adik-adik….sudah siap dengar Firman Tuhan, Wow…semua sudah siap yach. Nah adik-adik dengarkan baik-baik ya cerita kakak.

Roy adalah anak yang kaya.Ayahnya seorang pengusaha yang terkenal. Ke mana-mana dia selalu diantarkan sopirnya naik mobil mewah. Roy punya banyak mainan bagus. Dia juga selalu memakai pakaian yang bagus,sepatu yang keren dan jam tangannya juga bagus. Di sekolah dia sering memamerkan barang-barangnya yang dibelikan ayahnya dari luar negeri. Teman-temannya selalu kagum dengan barang-barang miliknya.Semuanya bagus-bagus dan mahal-mahal. Tetapi karena bangga dengan kekayaannya, Roy menjadi anak yang sombong. Dia hanya mau bergaul dengan anak-anak yang juga kaya. Dia suka menghina teman-teman lainnya yang tidak bisa membeli mainan sebagus miliknya.

Hmmm menurut adik-adik apakah Roy memiliki sifat yang baik?
Tentu saja tidak. Kita tidak boleh menilai orang dengan kekayaan yang kita miliki.

Harus diingat ya bahwa sebenarnya ga ada yang pantas disombongkan … karena semua orang lahir kedunia tidak membawa apa-apa dan ketika kelak meninggal, kita tidak bisa membawa harta yang dimiliki di dunia ini. Orang miskin atau orang kaya, semuanya sama saja di mata Tuhan dan Tuhan melihat bagaimana kehidupan kita selama di dunia ini.

Tuhan tidak pernah membeda-bedakan orang yang miskin dan yang kaya. Tuhan justru ingin kita tidak mengumpulkan harta untuk kesenangan diri kita saja. Tuhan ingin kita memakai uang kita dan apa yang dimiliki untuk menolong orang lain.Dengan cara itulah kita bisa mengumpulkan harta di surga yang kekal nilainya.

Matius 6:19-21 Hal mengumpulkan harta “Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.

Adik-adik harta kekayaan dunia ini tidak bisa disombongkan, karena semua akan rusak dan berlalu. Tuhan Yesus mengingatkan kita untuk mengumpulkan harta di Sorga. Melalui apa kita mengumpulkan harta di Sorga?

Dengan kita melakukan kehendak Tuhan, melakukan apa yang benar, jadi anak Tuhan yang manis dan setia, bisa jadi berkat bagi sesama, suka berbagi dan memberi adik-adik sedang mengumpulkan harta di Sorga yang tidak akan dirusak oleh apapun.

Hari ini adik-adik semuany belajar untuk tidak boleh sombong tetapi sebaliknya, adik-adik harus menjadi anak yang rendah hati, menyadari bahwa semua yang adik-adik miliki semua adalah berkat Tuhan, ada keluarga itu berkat Tuhan, kalian masih bisa sekolah, makan itu semua adalah berkat Tuhan.

Ayat Hafalan hari ini :

Matius 6:19, Jangan mengumpulkan harta di bumi;di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya.

Komitmenku hari ini:

Tuhan ingatkan aku supaya menjadi anak yang tidak sombong, aku mau ingat selalu bahwa semua yang ada karena berkat Tuhan dalam hidupku

Yu – GCT