Renungan Harian, Selasa 05 Mei 2020

1 Petrus 5:6-10

Setiap kita sedang menghadapi masa-masa yang buat banyak orang bisa dikatakan adalah “masa-masa” yang sulit. Bagaimanakah kita sebagai anak Tuhan untuk menjalani masa-masa yang sulit yang terjadi sehingga Tuhan akan memampukan kita untuk melewatinya dan menikmati penyertaan dan pemeliharaan Tuhan.

Didalam masa 2 sulit ini Tuhan sanggup untuk melengkapi, dan mengokohkan kita. Ada 3 rahasia agar setiap kita dapat mengalaminya :

1. Rendahkanlah Diri

1 Petrus 5:6 Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya.

Dalam masa sulit ini kita belajar untuk merendahkan hidup kita kepada Tuhan. Kesombongan akan menghancurkan kita, pada masa sekarang apa yg dapat kita banggakan? Apa yg dapat kita andalkan ? Tidak ada yg menjamin hidup kita. Masa ini mari kita mau untuk terus belajar berjalan bersama Tuhan dalam hidup kita.

Kerendahan hati adalah sebuah sikap hati yang sadar sepenuhnya kebutuhan akan kehadiran Tuhan dalam segala aspek hidup kita.

2. Serahkanlah

1 Petrus 5:7 Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.

Tuhan memberikan rahasia yang sederhana untuk hidup berkemenangan, yaitu menyerahkan segala kekuatiran dan ketakutan kita pada Tuhan.

Kita kuatir itu lumrah, tapi Tuhan menyatakan jangan bawa kekuatiran kita sendiri, belajarlah menyerahkan kekuatiran diri kita kepada Tuhan.

Justru dalam kekuatiran yang sedang kita hadapi ini, mari belajarlah untuk menyerahkan pada Tuhan. Kita bisa datang kepada Tuhan dengan segala kerendahan hati dan penyerahan kepada Tuhan

“Aku kuatir tentang masa depanku, Aku kuatir akan pekerjaanku, Aku kuatir akan anakku, aku kuatir tentang keluargaku, aku mohonkan pertolongan-Mu dalam hidupku”, lihatlah Tuhan akan sanggup berkarya dan akan menolong kita untuk menyelesaikan segala persoalan atau kekuatiran kita.

3. Sadarlah, Berjaga – jagalah dan lawanlah iblis,

1 Petrus 5:8-9 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.

Sadarilah bahwa iblis selalu berusaha untuk menjatuhkan kita, iblis ingin mengambil damai sejahtera dan berkat dalam hidup kita, perhatikanlah bahwa Tuhan tidak pernah punya rencana jahat dalam hidup kita.
Yohanes 10:10 menyatakan bahwa pencuri datang untuk membunuh dan membinasakan itulah pekerjaan iblis. Segala sesuatu yang negatif dari si jahat harus kita lawan dengan iman yang teguh, dengan memegang janji tuhan yang ya dan amin. Dan ingatlah bahwa kita harus melawan iblis dengan Firman Tuhan.

Sebab itu jika kita memegang 3 rahasia ini, Tuhan akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan hidup kita. Berjalanlah dalam janji-janji Tuhan melewati setiap masa-masa krisis ini dan nikmatilah penyertaan Tuhan.

Kiranya Firman Tuhan memberkati kita semua.

EW