Renungan Harian, Senin 14 Desember 2020

Kehadiran Pribadi Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya menjadi bagian yang sangat penting. Agar kita dapat bertumbuh dan semakin menjadi serupa dengan Kristus.

Roh Kudus juga memperlengkapi orang percaya untuk dapat melayani Tuhan dan dipakai oleh Tuhan dengan KuasaNya untuk menjadi saksi-saksi Tuhan diatas muka bumi ini

ROH KUDUS SANG PENOLONG DAN PENGHIBUR

Tuhan Yesus juga menyatakan mengenai karya Roh Kudus bagi kehidupan orang percaya

Yoh. 14:16… Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,

Roh Kudus adalah Penolong yang akan menyertai kita selama-lamanya, akan tinggal dalam kehidupan kita. Roh Kudus (Yun:  Parakletos) ~ Penolong yang selalu standby untuk memberikan pertolongan dan penghiburan.

Kitab Kisah Para Rasul banyak memberikan kisah bagaimana karya Roh Kudus yang berkarya menuntun dan memperlengkapi orang-orang percaya untuk memberitakan Injil kabar keselamatan.

Kisah Rasul 1:8, Tetapi kamu akan menerima kuasa kalau Roh Kudus turun ke atas kamu,dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samariadan sampai ke ujung bumi.”

Kuasa (Dunamis) ~ memiliki daya yang besar, dan inilah yang diberikan dalam kehidupan orang-orang percaya.

Kuasa Roh Kudus dalam Pelayanan para Rasul

Roh Kudus mengutus para Rasul untuk memberitakan Injil

Kissah  13:2-3. Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus:Khususkanlah  Barnabas dan Saulus  bagiKu untuk tugas yang telah Kutentukan  bagi mereka. “ 

Pada saat gereja mula-mula dibawah kekaisaran nero, pengikut Kristus mengalami aniaya, namun dengan kuasa Roh Kudus penginjilan tetap bekerja.

Roh Kudus memberikan kuasa untuk mengalahkan Kuasa Iblis

Iblis memiliki kuasa untuk merusak dan membinasakan, namun kuasa Roh Kudus sanggup mengalahkan kuasa Iblis.

Kisah 19:11-12  Oleh Paulus Allah mengadakan mujizat-mujizat yang luar biasa, bahkan orang membawa saputangan atau kain yang pernah dipakai oleh Paulus dan meletakkannya atas orang-orang sakit, maka lenyaplah penyakit mereka dan keluarlah roh-roh jahat.

Roh Kudus mengalirkan kuasa dari Firman Allah

1 Tesalonika 1:5 Sebab Injil yang kami beritakan bukan disampaikan kepada kamu dengan kata-kata saja, tetapi juga dengan kekuatan oleh Roh Kudus dan dengan suatu kepastian yang kokoh.

Kuasa Roh Kudus yang bekerja memalui Firman Tuhan kepada kehidupan setiap orang-orang yang percaya.

1 Korintus 2:4 baik perkataanku maupun pemberitaanku tidak kusampaikan dengan kata-kata hikmat  yang meyakinkan, tetapi dengan keyakinan akan Kuasa Roh (but with  a demonstration of the Spirit’s  Power)

Roh Kudus mendemonstrasikan Kuasa Allah melalui pemberitaan Firman Allah.

Karena itulah dengarkanlah Nasehat Firman Tuhan.

1. Supaya kita selalu dipenuhi oleh Roh Kudus

Efesus 5: 18, Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur,karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh

Firman Tuhan menasehatkan setiap kita untuk senantiasa dipenuhi oleh Roh Kudus … karena hanya dengan jalam demikianlah kita akan dimampukan untuk melakukan setiap kehendak Bapa di Sorga dan menaklukan keinginan Daging kita

Roma 8:5-6 Sebab mereka yang hidup menurut daging, memikirkan hal-hal yang dari daging; mereka yang hidup menurut Roh, memikirkan hal-hal yang dari Roh. Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera.

Roma 8:13-14 Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup. Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.

HANYA  ROH  KUDUSLAH   YANG  SANGGUP  MENGUBAH  KITA  MENJADI  SAMA SEPERTI  YESUS dan MENJALANI KEHIDUPAN DALAM PENYERTAAN KUASA ALLAH

2. Setiap kita adalah Bait dari Roh Kudus

1  Korintus 3:16, Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh  Allah  diam didalam kamu ? 

Kesadaran akan kehadiran Roh Kudus dalam kehidupkan kita, mengingatkan setiap kita bahwa hidup ini bukan hanya tentang kehendak diri (ego) kita sendiri namun kepada kehendak Allah yang juga diam didalam tubuh kita ini. Hanya Roh Kudus yang akan mempukan kita untuk berbuah buah dalam kehidupan ini

Siapakah murid-murid Tuhan yang menjungkirbalikan dunia pada masa itu, mereka adalah orang-orang biasa, nelayan yang sederhana, tidak memiliki kemampuan yang khusus namun kuasa Roh Kudus memampukan mereka untuk melakukan perkara-perkara yang besar bagi Allah. Demikian juga dengan kehidupan kita, ketika kita semakin mengijinkan kehidupan kita dikuasa oleh Roh Kudus maka Tuhan bisa memakai setiap kita untuk menyatakan Kuasa-Nya yang ajaib dan mulia.

FJD