Renungan harian Umum, Rabu 07 Oktober 2020

Kasih adalah prinsip dasar dalam kekristenan – segala sesuatu yang tidak kembali kepada hal ini adalah hal yang sia-sia. Pelayanan, pekerjaan dan kehidupan yang tanpa kasih sebagai pondasinya maka akan hancur.

Apakah kasih itu? Dimana ada kasih disitu pasti ada Tuhan yang bekerja. Pengertian yang benar akan melahirkan tindakan yang benar, kemudian menghasilkan kebiasaan yang benar, dan membentuk karakter yang benar, sehingga menentukan masa depan yang benar.

Matius 22:37. Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

Kasih adalah Pondasi kehidupan Kristen. Kasih selalu mendorong kita untuk mengerjakan segala sesuatu dengan benar dan kuat.

Mengapa kasih itu penting?

1. Kasih tidak akan bisa dipraktekkan dalam kesombongan manusia tetapi hanya bisa dikerjakan dalam kerendahan hari.

Kasih hanya bisa dipraktekkan oleh orang-orang yang menanggalkan ego. Karena kasih selalu mau untuk berkorban. Seperti teladan dari Tuhan Yesus sendiri

Roma 5:8 Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.

Saudara Pertempuran terbesar manusia adalah ketika harus menanggalkan ego (seperti pergumulan Kristus yang terbesar bukanlah pada saat melawan iblis tetapi ketika ditaman Getsemani, ketika Ia menyerahkan kehendak-Nya kepada Allah). Kasih tidak akan berkerja jika dibarengkan dengan kuasa (ego manusia) tetapi kasih yang dipraktekkan akan menghasilkan kuasa.

II Timotius 3:1-2. … masa yang sukar – masa yang sangat berbahaya, berat dimana orang tidak akan menang tanpa Tuhan. – manusia akan mencintai dirinya sendiri (egois) – Maka kasih kebanyakan orang akan bertambah dingin. Ditengah situasi yang sedang kita hadapi Bersama, mari milikilah kasih untuk mau berkorban dan melayani sesama kita.

2. Allah kita adalah kasih

I Yohanes 4:7. Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah.

Ayat diatas jelas menyatakan bahwa Kasih adalah perintah Tuhan dengan alasan yang sangat Jelas bahwa ALLAH adalah KASIH. Jika kita adalah anak-anak Tuhan, maka seharusnya kasih menjadi bagian dalam kehidupan kita dan menjadi identitas kita.

Pengalaman akan Kasih Allah – sanggup mengubahkan kehidupan manusia secara total, merubahkan karakter kehidupannya. Karena kasih Allah selalu membawa pemulihan dan pengampunan, membawa sukacita dan damai sejahtera.

Kolose 3:14 Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.

Ingatlah bahwa Kasih Tuhan adalah sempurna – yang kita lakukan tidak akan menambahkan kasih-Nya kepada kita, kesalahan kita juga tidak mengurangi kasih-Nya kepada kita karena Allah mengasihi kita dengan kasih yang sempurna. Kasih Tuhan akan selalu membawa pemulihan bagi kita.

Tuhan Yesus Memberkati