Renungan Harian Anak, Selasa 27 Oktober 2020

BACAAN ALKITAB : YOHANES 11 : 33 – 44

Selamat Pagi Adik Adik Elohim Kids yang dikasihi Tuhan, salam sejahtera dan sehat selalu buat kalian semua. Tetap setia dan semangat ya.. untuk mendengar renungan firman Tuhan!

Pagi ini Kakak teringat kisah Lazarus, saudara Maria, adik adik ingat ceritanya? Siapakah Lazarus, kisahnya bisa dibaca di dalam Injil Yohanes 11 : 33 – 44 ya!

Lazarus adalah seorang pemuda yang tinggal di Betania, saudara Maria dan Martha. Suatu hari Lazarus sakit parah dan saudaranya ini mengirimkan kabar kepada Tuhan Yesus, mereka sangat berharap Tuhan Yesus menyembuhkannya. Tetapi… Tuhan Yesus tidak kunjung datang, sampai akhirnya Lazarus mati dan dikuburkan. Pada hari keempat barulah Yesus datang, Ia sangat terharu melihat Maria menangis. Maka Yesus pun ikut menangis, Dia sangat mengasihi Maria. Lalu Yesus pergi ke kubur dan membangkitkan Lazarus yang sudah empat hari di dalam kubur. Lazarus bangkit dan hidup kembali.

Nah Adik adik, kasih Yesus mengubah keputusan, bahkan kematian sekalipun kepada kehidupan yang berkemenangan. Tuhan Yesus mau kita meneladani kasihNYA, kasih kita kepada sesama, yaitu : Orang Tua kita , Saudara kita atau Teman Teman kita.

Adik Adik , Kakak punya cerita tentang dua orang sahabat, kisah ini tentunya ada sebelum ada Corona ya. Namanya Jojo dan Edo, mereka satu kelas. Edo tinggal di asrama sekolah karena orang tuanya bercerai. Mama Edo bekerja jauh di luar kota , begitu pula dengan Papanya Edo, pindah pindah kerjanya. Pada awal Edo tinggal di asrama, dia selalu murung, tidak pernah tertawa. Suatu hari Ibu Asrama bercerita tentang keadaan Edo kepada Mama Jojo. Sampai dirumah , Mama Jojo menceritakan keadaan Edo kepada Jojo. Mama minta kepada Jojo untuk mendekato9 dan menghibur Edo. Setiap pulang sekolah, Edo selalu berdiri di pintu gerbang sekolah, Edo memperhatikan teman-temannya yang selalu dijemput oleh orangtuanya. Dengan sedih Edo berjalan kembali ke asrama, karena tidak ada yang menjemput Edo. Melihat itu, Jojo sangat terharu dan kasihan kepada Edo. Setiap hari Jojo berusaha menghibur dan memberi semangat untuk Edo. Jojo selalu mengingatkan bahwa ada Tuhan Yesus yang tidak pernah meninggalkan kita, kasihNYA yang besar akan memberikan kekuatan dan penghiburan. Setiap malam Jojo selalu berdoa untuk Edo. Jojo ingin Edo kembali ceria dan membuang semua kepahitan yang ada dihatinya. Sampai pada waktu liburan sekoalh, Edo diijinkan ibu Asrama untuk liburan dirumah Jojo.

Wah… Jojo dan keluarga sangat senang,mereka menyambut Edo dengan penuh kasih sayang. Karena kasih itulah akhirnya Edo kembali menemukan hidupnya. Edo bercerita kepada Jojo tentang kisah sedih yang dialami olehnya. Semenjak perceraian orang tuanya, Edo tidak mau berdoa lagi, sekolah pun malas malasan. Edo sangat kecewa dengan orang tuanya. Edo merasa telah dibuang  oleh orang tuanya. Mamanya pun jarang menengoknya di asrama. Edo benar benar merasa sendiri dan tidak punya keluarga. Tapi kasih Tuhan Yesus mempertemukan Edo dengan Jojo dan keluarganya, membuat Edo merubah keputusannya. Edo kembali menjadi anak yang periang , suka berdoa dan memuji Tuhan, selalu semangat belajar dan berlomba dengan Jojo untuk mendapat rangking di sekolah. Edo juga selalu berdoa agar hatinya bisa mengampuni dan membuang atau melepaskan kebencian dan kekecewaan akan orang tuanya, Edo juga mau belajar untuk mengasihi orang tuanya juga.

Adik adik maukah kalian juga mengasihi orang orang disekitarmu? Kasih yang seperti Tuhan Yesus berikan, yang mengubah keputusan yang salah menjadi baik, mengubah dukacita menjadi sukacita??? Kasih yang menjadikan hidup yang berkemenangan didalam Tuhan Yesus Kristus.

Ayat Hafalan Hari ini :

Yohanes 14 : 12a, Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku , ia akan melakukan juga pekerjaan pekerjaan yang Aku lakukan.

Komitmen kita :

Tuhan Yesus aku mau belajar mengasihi orang orang disekitarku, seperti Engkau sudah mengasihiku. Dengan meneladani kasih-Mu, banyak orang tidak salah mengambil keputusan. Melainkan beroleh hidup yang kekal dan berkemenangan….

Tuhan Yesus Memberkati … Amin

SuD – SP