Renungan harian Anak, Kamis 18 Februari 2021

Ayat Bacaan : 1 Korintus 13

Syalom Adik – Adik , bagaimana kabarnya ? Sudah siap mendengarkan firman Tuhan ya.

Adik Adik ada yang tahu kah Kasih itu apa ?

Kalau kita baca di 1 Korintus 13 , di pasal tersebut dijelaskan definisi atau arti dari kasih. Yang terdapat di ayat 4 sampai dengan ayat 8. Isinya adalah sebagai berikut :

Kasih itu sabar ; kasih itu murah hati ; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi ia bersukacita karena kebenaran.Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu , sabar menanggung segala sesuatu. Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir;bahasa roh akan berhenti;pengetahuan akan lenyap.

Dari ayat ayat tersebut diatas , kita bisa lihat bahwa Kasih itu suatu sikap yang tidak mementingkan diri sendiri, tidak egois. Seperti yang sudah Yesus lakukan untuk setiap kita, anak-anak-Nya.

Kasih Yesus diatas kayu salib, merupakan bukti KASIH SEJATI yang nyata yang diberikan kepada setiap kita, umat manusia. Yesus memberikan kita teladan Kasih yang Sejati. Supaya setiap kita yang percaya , tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Adik-Adik, masih ingat ayat hukum yang terutama ? Yang terdapat dalam Matius 22 : 37 – 39, dimana Hukum yang Terutama dan Hukum yang pertama adalah Kasihilah Tuhan Allahmu , dengan segenap hatimu , dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu ( ayat 37 ).

Sedangkan hukum yang kedua yang terdapat pada Matius 22 : 39 , berbunyi : Dan hukum yang kedua , yang sama dengan itu , ialah : Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Supaya kita dapat mengasihi orang orang disekeliling kita , kita harus terlebih dahulu mengasihi Yesus dengan segenap hati kita, karena Yesus merupakan Sumber Kasih.

Ketika hidup kita melekat kepada Sumber Kasih, yaitu Yesus. Maka kita pasti akan memancarkan kasih kepada orang orang disekeliling kita. Karena  ketika hati kita dipenuhi dengan kasih yang dari Tuhan, maka hati kita pasti akan penuh dengan sukacita yang dari Tuhan.

Kakak akan bagikan satu buah penggalan dari sebuah kisah tentang seorang yang bernama Frank Thomas. Frank Thomas merupakan seorang penjaga mercusuar disebuah pantai. Pada waktu Frank meninggal dunia, Frank meninggalkan surat warisan untuk beberapa orang yang tidak mengenal Frank sama sekali. Warisan tersebut adalah barang – barang yang tidak ada artinya sama sekali bagi penerima warisan , akan tetapi memiliki makna yang sangat dalam bagi Frank. Karena barang barang tersebut menginspirasi hidupnya dan melambangkan titik balik di dalam kehidupan Frank. Ada yang mendapat uang , bahkan ada yang mendapat setangkai bunga dan beberapa benda yang lain lagi. Orang orang tersebut merasa heran dengan semua barang yang diwariskan Frank kepada mereka, ternyata ada cerita dibalik setiap barang yang mereka terima, yang dituliskan oleh Frank untuk si penerima warisan.

Kepada orang yang mendapatkan uang, Frank menuliskan, bahwa uang itu merupakan uang yang pernah diberikan oleh ayah si penerima warisan. Pada waktu itu  Frank masih awal berkeluarga , dan belum menjadi penjaga mercusuar. Pada saat Frank berbelanja di minimarket, Frank kehilangan uangnya, Frank hendak mengembalikan semua barang belanjaanya. Akan tetapi ayah si penerima warisan tersebut menolong Frank , dengan membayar semua belanjaan Frank. Frank berpesan kepada si penerima warisan tersebut, untuk melanjutkan kebaikan yang sudah dilakukan oleh ayahnya. Kepada orang yang menerima setangkai bunga, Frank menulis, bagaimana pada waktu itu ketika Frank sedang berada di makam anak nya, Frank merasa sedih, karena kehilangan anaknya. Akan tetapi ada satu orang Ibu yang menghampiri Frank, memberikan satu tangkai bunga untuk Frank letakkan di makam anaknya. Ketika Frank menerima bunga tersebut, Frank tersadarkan, bahwa ia tidak boleh larut dalam kesedihan.

Dari kisah tersebut, kita sama sama dapat belajar, tidak disangka bahwa  satu tindakan kasih atau perhatian yang kecil saja yang kita lakukan pada seseorang, ternyata bisa membuat dampak yang besar dan menjadi titik balik kehidupan  seseorang.

Nah.. Adik Adik , mari kita bersama-sama selalu menyebarkan kasih di manapun kita berada, melakukan kebaikan pada orang lain setiap harinya. Ingat ‘Kasih yang sejati’ , yaitu kasih yang dari Tuhan Yesus akan mengalir kepada orang orang disekeliling kita. Seperti ada tertulis : “..Lebih berbahagia orang yang memberi daripada yang menerimanya..”

Ayat hafalan hari ini :

Efesus 4 : 2 Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu.

Komitmen Hari Ini :

Tuhan Yesus , aku mau memiliki hati yang penuh dengan kasih. Ajar aku untuk selalu mengasihi orang orang disekelilingku dengan kasih yang daripadaMU. Amin

KL – RS