Berdoa_Buat_teman_yang_nakal

Renungan Harian Anak, Selasa 11 Agustus 2020

Matius 5 : 44,  “ Tetapi aku berkata kepadamu; kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu”

Shalom….. Elohim kids yang luar biasa… kita berjumpa lagi untuk merenungkan Firman Tuhan bersama sama, ya .

Adik – adik apakah kalian mempunyai seorang teman yang perilakunya tidak baik? Dia mungkin sangat suka mengganggu teman, suka bertengkar, dan sering berbuat hal-hal yang sangat jahat. Hmmm pasti anak-anak yang begitu ga disukai ya …

Apakah teman adik-adik yang seperti itu bisa berubah menjadi baik ya ?

Coba simak cerita berikut ini yang tertulis dalam Kisah Rasul 9:10-19

Di kota Damsyik ada seorang murid Tuhan bernama Ananias. Tuhan Yesus menyuruhnya untuk menemui dan berdoa untuk Saulus yang buta itu. Taaapii Ananias takut dan berkata, “ tapi, orang itu sangat jahat, Tuhan” dan Tuhan menjawab “ pergilah, Aku telah memilih Saulus untuk memberitakan namaKU”. Ananias pergi menemui Saulus. Ananias menumpangkan tangannya kepada Saulus dan berdoa untuknya. Karena sebelumnya pada waktu perjalanan ke damsyik untuk menangkap orang-orang Kristen yang percaya kepada Kristus, Tuhan Yesus menjumpai Saulus dalam bentuk  sinar yang terpancar dari langit dan manyatakan bahwa “Dia adalah Yesus yang Saulus aniaya”, dan pengalaman itu membuat Saulus menjadi buta selama tiga hari.

Hari itu Roh kudus tinggal dalam hati Saulus dan kedua matanya yang buta itu pun disembuhkan. Saulus dapat melihat lagi. Saulus bertobat dan ia mengakui kejahatannya. Saulus pun dibaptis oleh Ananias hari itu. Saulus sudah berubah, Tuhan Yesus yang mengubahkannya, kini ia bukan orang jahat lagi. Dan sesuai dengan Firman yang disampaikan kepada Ananisa, bahwa Saulus yang nanti Namanya berubah menjadi Paulus menjadi salah satu Rasul besar yang menjadi pemberita Injil untuk membawa berita keselamatan dari Kristus.

Nah , dari cerita Saulus adik- adik bisa melihat jika ada teman adik-adik yang sikapnya tidak baik, maka adik-adik bisa mendoakan mereka seperti Ananias yang mendoakan Saulus, sehingga berubah menjadi baik. Berilah nasehat yang baik dan berdoalah bagi mereka.

Adik –adik kita sekarang mengerti bahwa Tuhan Yesus sangat mengasihi semua orang, sejahat apapun orang itu, Tuhan Yesus bisa mengubahkan hatinya. Tuhan Yesus juga bisa mengubah hati teman-temanmu yang hari ini masih berlaku jahat. Adik-adik harus berdoa buat mereka. Dengan penuh keyakinan bahwa Tuhan Yesus bisa mengubahkan mereka. Sama seperti ketika Tuhan Yesus mengubah hati Saulus dari penganiaya menjadi seorang penginjil.

Ayat hafalan hari ini :

Lukas 6:28 mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu.

Komitmenku hari ini :

Aku mau belajar untuk berdoa buat teman-temanku yang nakal, supaya Tuhan mengubahkan hidup mereka menjadi anak yang manis dan baik. Aku percaya Kuasa Tuhan sanggup memperbaharui hidup semua orang.

RS – SP