Renungan Harian Anak, Selasa 28 April 2020

Coba ucapkan ’’kukukakikakekukaku” dengan cepat. Bagaimana? Siapa bisa? Sulit? Benar! Harus perlahan mengejanya.

Ada kata yang mudah diucapkan, tetapi sukar dilakukan. Kata itu ialah

’’saya memaafkannya.”

Kata mengampuni dapat dengan mudah untuk mengucapkannya, tetapi bila ada seseorang yang menyakitimu, tentu tidak mudah mengatakan demikian. Mungkin seorang teman akrabmu menceritakan hal yang jelek mengenai dirimu kepada orang lain, atau temenmu yang bohong sama kamu yang membuat adik-adik bisa marah. Disaat seperti itulah perkataan ’’saya memaafkannya” jadi susah untuk diucapkan ternyata. Bahakan kata-kata yang keluar atau di dalam hati ialah ’’saya benci padanya” atau ”saya akan membalasnya nanti,” ’’saya tak mau bicara dengan dia lagi” dan sebagainya.

Seharusnya pada waktu demikian kita harus belajar berkata, ’’Baiklah, saya memaafkannya.” Bagaimana caranya belajar untuk mengatakan ’’saya memaafkanmu” pada saat seperti itu?

Nah adik-adik kalau kemarin kita belajar mengenai awal dari doa Bapa kami, kita lihat yuk bagian yang lainnya atau bahkan bagian terakhir dari doa Bapa kami yang Tuhan Yesus ajarkan

Matius 6:12 dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami

Ingatlah pada Tuhan Yesus yang pernah mengajarkan tentang pengampunan. Kita membutuhkan pengampunanNya, karena kita sudah mementingkan diri sendiri, berhati benci, kurang kasih. Tuhan Yesus sudah mengampuni kita melalui pengorbananNya di atas kayu salib.

Walaupun ga mudah, tetapi kita semua harus mau belajar untuk mengampuni loh … alasannya apa ?

KARENA KITA SEMUA SUDAH DIAMPUNI SAMA BAPA YANG DI SORGA

Lha kalo adik-adik sudah mengalami kasih yang dari Tuhan, adik-adik sudah diampuni oleh Tuhan Yesus, kita harus membalas kasih Tuhan dengan mentaati perintah Tuhan Yesus salah satunya adalah mau untuk belajar mengampuni.

Adik-adik, bila ada orang yang menyakiti hatimu, dengarlah suara Roh Kudus. Jangan hitung kesalahan orang lain, maafkanlah dan berubahlah. Sama seperti Yesus yang telah mengubah dirimu menjadi orang yang mengerti kasih Kristus, demikian juga kita semua harus belajar untuk mengasihi bahkan kepada orang-orang yang menyakiti kita.

Ayo siapa yang pagi hari ini masih menyimpan kemarahan sama seseorang dalam hatinya, dengarkan Firman Tuhan supaya adik-adik mau untuk mengampuni,  minta tolong Roh Kudus supaya adik-adik diberi kemampuan untuk mengampuni. Jangan biarkan kemarahan ada dihati adik-adik yang membuat gampang marah sama emosi, tetapi alirkanlah kasih yang mengampuni yang membuat hati kita semua menjadi bersukacita. Karena pengampunan akan membawa sukacita dan kelegaan.

Ayo kita baca ayat kita hari ini …

Efesus 4:32 Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

Komitmenku hari ini …

Tuhan Yesus ajari aku untuk mau mengampuni orang-orang yang menyakiti hatiku, biarlah kasih-Mu selalu ada dalam hatiku

SBT–GCT