Renungan Harian Anak,  Senin 18 Januari 2021

Keluaran 9:13-33

Hallo, syalom adik-adik Elohim Kids… kita semua beryukur boleh memasuki minggu yang baru ini … adik-adik semua pasti sudah masuk sekolah ya walaupun masih online semua adik-adik harus belajar dengan baik dan semangat ya

Yuk hari ini kita akan kembali belajar Firman Tuhan mengenai Kuasa Tuhan yang hebat dan berkuasa. Dalam Keluaran pasal 9 dikisahkan bangsa Israel tinggal di Tanah Mesir, Bangsa Israel dijadikan budak yang bekerja keras untuk orang Mesir. Mereka disuruh kerja….kerja…kerja…. dan kerja terus setiap hari dari pagi sampai malam. Andai ada orang Israel yang kelelahan, mereka dipukul, lalu disuruh kerja lagi. Bangsa Israel hidupnya sungguh menderita di tanah Mesir.

Tuhan mendengar doa dan keluhan dari Umat-Nya. Tuhan ingin agar bangsa Israel keluar dari tanah Mesir dan menjadi bangsa yang bebas. Bahkan Tuhan sudah menjanjikan tanah yang luas dan subur untuk bangsa Israel, yaitu tanah Kanaan. Tetapi Firaun, raja Mesir, tidak mengijinkan bangsa Israel keluar dari Tanah Mesir. Tuhan kemudian menyuruh Musa menghadap Firaun.

Adik-adik, apakah Musa berani menghadap Firaun. Raja orang Mesir, yang terkenal kejam itu? Siapa takut? Musa tidak takut karena ia yakin Tuhan menyertainya Musa berani karena Tuhan ada di pihaknya. Musa yakin bahwa Tuhan itu benar, apa yang dikatakan-Nya pasti akan terjadi. Musa datang menghadap Firaun untuk meminta agar Firaun membebaskan bangsa Israel Tetapi Firaun tetap ngotot, ia tidak mengijinkan bangsa Israel keluar dari Mesir. Karena Firaun tetap berkeras maka Tuhan pun mendatangkan hukuman kepada bangsa Mesir.

Tuhan mendatangkan hukuman atau Alkitab menyebutnya tulah dan salah satunya adalah Hujan Es … Alkitab menyatakan hujan Es dan api yang berkilat dari langit sangat dahsyat dan membuat Firaun takut. Melihat hal itu, Firaun memanggil Musa, lalu berkata, “Musa, mintalah Tuhan agar menghentikan hujan esnya.” sekarang aku tahu bahwa Tuhanmu benar dan aku yang salah. Berdoalah kepada Tuhan agar menghentikan hujan es ini, maka aku akan membiarkan engkau dan bangsa Israel keluar dari Mesir!” kata Firaun kepada Musa. Dan melalui Tuhan menghentikan hujan Es yang dahsyat ini. Namun yang luar biasa ditanah Gosyen tempat orang Israel tinggal Hujan Es tidak terjadi

Walaupun akhirnya Firaun masih mengeraskan hatinya, namun Kuasa Tuhan dinyatakan kepada umat-Nya bahwa Tuhan adalah benar. Musa meyakini bahwa Allah adalah benar dan setiap perkataan-Nya adalah kebenaran. Keyakinan inilah yang membuat Musa berani menghadap Firaun dan menjadi pemimpin bagi bangsa Israel. Musa percaya, Tuhan menyertainya sepanjang perjalanan hidupnya.

Karena itu adik-adik Peganglah kebenaran Allah dan lihatlah kasih dan kesetiaan Allah nyata dalam hidup kita. kita akan memiliki keberanian untuk menghadapi apa pun juga. Kita akan mampu menghadapi masalah yang besar dengan iman yang berakar pada Firman Tuhan. Tidak ada yang tidak bisa dihadapi bersama Tuhan. Bahkan kesukaran pun akan menjadi pelajaran berharga yang tidak saja memperkuat iman kita, namun juga menjadi bukti kasih dan kesetiaanTuhan bagi kita.

Adik-adik ayo kita bersama bahwa Kebenaran Tuhan adalah kebenaran yang Sejati. Melalui Firman Tuhan kita belajar kebenaran itu. Jangan berjalan dengan kebenaran kita dan maunya kita sendiri tetapi peganglah kebenaran Firman Tuhan yang adalah Kebenaran yang Sejati

Ayat Hafalan:

Mazmur 26:3 Sebab mataku tertuju pada kasih setia-Mu, dan aku hidup dalam kebenaran-Mu..

Komitmenku hari ini

Aku percaya Tuhanlah Kebenaran yang sejati, aku mau berjalan dalam Firman Tuhan yang akan menuntunku untuk semakin mengenal Tuhan.

SF170121 – KCP