Renungan Harian Anak, 18 April 2020

Bacaan : Hakim-Hakim 6

Selamat pagi adik-adik. Bagaimana kabarnya hari ini? Pasti luar biasa kan? Nah pagi ini kita akan belajar Firman Tuhan bersama-sama ya…

Adik-adik siapa yang di sini pernah makan cabai? Pasti adik-adik pertama kali makan cabai akan merasa kepedesan kan ya? Lidah rasanya seperti terbakar…cabai itu jenisnya macam-macam adik-adik…tapi ada satu jenis cabai yang luar biasa pedasnya adik-adik…siapa yang tau jenis apa itu? Ya betul namanya cabe rawit…cabe jenis ini meskipun ukurannya kecil tapi pedasnya luar biasa adik-adik cabe yang besar kalah pedasnya sama cabe yang satu ini. Jadi jangan anggap remeh si kecil ini ya…meskipun kecil dia punya efek rasa pedas yang luar biasa.

Di dalam Hakim-hakim 6:1-40, Gideon dipilih oleh Tuhan untuk memimpin bangsa Israel mengalahkan bangsa Midian. Namun Gideon merasa ragu, apa dia bisa memimpin orang banyak untuk mengalahkan musuh. Gideon bukan orang terkenal, ia masih sangat muda dan masih banyak orang yang lebih pandai darinya. Tetapi Tuhan tetap memberi kepercayaan tugas itu kepada Gideon. Tuhan mengingatkannya bahwa Ia akan menolong Gideon.

Walaupun Gideon merasa takut dan tidak ada apa-apanya, adik-adik tahu apa yang Tuhan katakan tentang Gideon ?

Hakim-Hakim 6:12 Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya dan berfirman kepadanya, demikian:

“TUHAN menyertai engkau, ya pahlawan yang gagah berani.”

Wow… luar biasa ya, Gideon disebut sebagai Pahlawan yang gagah perkasa, kok bisa kan Gideon penakut? Karena itulah Tuhan ingin mengingatkan Gideon bahwa bersama dengan Tuhan maka Gideon bisa dipakai oleh Tuhan untuk menjadi pahlawan yang luar biasa.

Apa yang terjadi setelah itu? Gideon dapat membuktikan bahwa orang yang masih muda, tidak menjadi halangan untuk menjadi berkat besar bagi banyak orang. Gideon dipakai oleh Tuhan untuk memimpin bangsa Israel mengalahkan bangsa Midian.

Adik-adik, jangan pernah menganggap bahwa karena kita masih kecil lalu tidak bisa berbuat apa-apa. Di tangan Tuhan setiap orang bisa menjadi berkat! Yang penting adalah bagaimana adik-adik semuanya mau untuk diubahkan oleh Firman Tuhan.

Seperti Gideon diubahkan dari orang yang penakut menjadi pemberani karena mau percaya kepada Firman Tuhan. Jika adik-adik mau untuk belajar melakukan Firman Tuhan, percayalah adik-adik akan dipakai dengan luar biasa oleh Tuhan.

Ayo kita baca ayat Firman Tuhan

1 Timotius 4:12
“Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jdilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.”

Komitmenku hari ini

Tuhan Yesus Aku mau menjadi berkat buat sesama meskipun aku masih muda, ajari aku selalu menjadi pelaku Firman Tuhan

EPR-NJ