Renungan Harian Selasa, 22 September 2020

Kehidupan baru adalah identitas yang kita miliki di dalam KRISTUS dan ini adalah perlengkapan terbaik untuk menjalani hidup yang memuliakan Tuhan. Tapi memiliki kehidupan baru bukan berarti kita tidak berjuang melawan dosa dan pencobaan, justru dengan menjadi ciptaan baru dan mengenakan ciptaan baru, kita akan memasuki sebuah pertempuran rohani yang dahsyat. Namun disisi lain hidup baru yang diperjuangkan dengan baik akan memberikan kemuliaan kekal yang jauh melampaui pikiran kita jadi artinya kita menghadapi pertempuran dan perjuangan tetapi juga menerima janji Tuhan yang luar biasa, sebab itu resapilah beberapa kebenaran yang menguatkan kita :

PERTAMA, Hidup baru adalah perjuangan tanpa henti 

Wahyu 3 : 11 ” Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorangpun mengambil mahkotamu”.

Kehidupan Kristen adalah sebuah peperangan rohani yang terus menerus.  Kita adalah anak-anak Kerajaan yang ditempatkan di tengah dunia yang dikuasai iblis. Setelah menerima kelahiran baru dan mengenakan manusia baru kita, kita akan masuk dalam sebuah peperangan tanpa henti melawan tipu daya  dosa dan semua pencobaan yang dibawanya.

Peperangan ini bukan hanya karena identitas  baru kita yang ada didalam Kristus, tapi kita juga berperang untuk mendirikan Kerajaan Allah dan menghancurkan pekerjaan musuh kita.  Itu sebabnya kehidupan Kristen adalah sebuah perjuangan yang berat dan peperangan ini akan terus menjadi bagian kita selama masih berada di dunia.

KEDUA, Nama yang baru bagi para pemenang,

Wahyu 2:17 dikatakan ” Barang siapa menang, kepadanya akan Kuberikan  dari Mana yang tersembunyi ; dan Aku akan mengaruniakan  kepadanya batu putih, yang diatasnya tertulis nama Baru…..

Wahyu  3:12 “Barang siapa menang, ia akan Kujadikan sokoguru di dalam bait Suci AllahKu, dan ia tidak akan keluar lagi dari situ dan padanya akan Kutuliskan nama AllahKu, Nama kota AllahKu yaitu Yerusalem Baru, yang turun dari surga dari AllahKu, dan namaku yang baru”.

Kitab Wahyu penuh dengan perkataan “Barang siapa menang” itu berarti bagi orang yang menang, yaitu mereka yang bertahan dari dalam segala pencobaan dan terus bertumbuh ke arah Kristus, Allah menjanjikan bahwa mereka akan menerima “nama baru” yg diukir diatas batu  Allah.  Sebuah janji tentang pemberian sebuah identitas yang sama sekali baru, yang dihasilkan  bagi siapa yang menang janji ini menunjukkan kemuliaan yang kekal yang akan diterima oleh para pemenang.  jadi setiap orang percaya perlu mengarahkan pandangannya kepada janji kemuliaan ini, karena harapan inilah yang akan menguatkan mereka untuk terus menerus menjalani hidup baru mereka secara konsisten.

Didalam  1 Yohanes 3:2-3 berbunyi ” Saudara2 ku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak ; akan tetapi kita tahu , bahwa apabila Kristus menyatakan dirinya , kita akan menjadi sama seperti Dia, sbb kita akan melihat Dia dalam keadaanNya yang sebenarnya. Setiap orang yg menaruh pengharapan itu kepadaNya, menyucikan diri sama seperti Dia yang adalah suci.

Ketiga, Segala sesuatu yang Baru

 Wahyu 21 : 4 – 5 ” Dan Ia akan menghapus segala mata air  dari mata mereka, dan maut tidak akan ada lagi ; tidak akan ada lagi perkabungan , atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu ” Ia yang duduk di atas tahta itu berkata : “ Lihatlah , Aku menjadikan segala sesuatu baru“.

Saudara-saudara inilah janji yang paling indah di dalam Alkitab Langit dan Bumi yang Baru, Yerusalem yang baru dan segala sesuatu dijadikan baru. Semua yang menyakitkan  dan menyedihkan , segala dosa dan kejahatan akan berakhir.  Allah akan menghapus maut,  ini semua menunjuk pada sebuah kehidupan yang baru yg sempurna sehingga semua yang lama  akan benar benar berlalu dan dilupakan untuk selamanya, saat yang baru sudah datang . Oleh sebab itu biarlah janji ini menguatkan kita semua.      

Tuhan Yesus memberkati

EW