Renungan Harian Anak, Selasa 26 Januari 2021

Ayat Bacaan : Kisah para Rasul 5:1-11

Syallom Selamat pagi adik adik Elohim Kids..Sudah bangun tidur belum ini?? semua sudah siap untuk mendengarkan firman Tuhan? coba mana yg sudah siap angkat tangannya, Puji Tuhan adik-adik semua semangat untuk belajar Firman Tuhan..kita berdoa dulu ya..

Adik-adik pernah tidak adik-adik disuruh memilih? Memilih  antara harus berbohong atau mau jujur??ada yang pernah?? Bagaimana perasaan adik adik? Bingung…? Hmmm..takut…?

Nah kakak punya cerita nih tentang dua orang sahabat yang bernama Andi dan Toni.

Mereka adalah teman 1 kelas,dan mereka cukup akrab. Tapi sore itu Toni dengan sedikit muka muram, berjalan ke rumah Andi…

“Hai Toni…knapa mukamu muram seperti itu?” Tanya Andi
Toni Menjawab..”Iya nich Andi aku itu tadi ijin ke mamaku kalau mau pergi ke warnet buat main game online.. eh tapi mamaku gak kasih aku ijin, akhirnya aku semakin bosan aja di rumah, akhirnya aku main ke rumahmu aja” dan tiba tiba keluarlah ide di kepala Toni.
“Andi, tolong aku dong gampang kok, tolong bilang sama mamaku kalau aku main ke rumahmu sampai malam. Pleeaassse… pinta Toni dengan wajah memelas.
”Iya Toni, aku mau nolong kamu. Tapi kamukan bukan kerumahku dan kamu mau  ke Warnet untuk main game online. Padahal mamamu sudah melarangkan?
Dan… Jawab Toni ”aduh kamu masa sih ga mau nolong teman. Ga susah kok cuma kalau mamaku telpon bilang aku main dirumahmu. Gitu aja“, potong Andi sambil memaksa. ”Aku mau menolong teman tapi, apakah aku mesti bohong dengan mamamu?“. Aaah..bilang saja kamu ga mau nolong teman. Awas yah, aku musuhin kamu . . Gini aja dech kalau kamu mau tolong aku, kita tetap temanan tapi kalau kamu nggak mau tolong aku kita musuhan. Ingat lho aku temanmu yang paling banyak suka traktir makan kamu, bantuin kamu buat PR“.

Waduh… Andi bingung banget. Apa yang harus Andi lakukan yah? Berbohong? Katanya sih untuk bantu teman ? ATAU jujur kalau ditelpon mama Toni  trus bilang Toni ke tempat Warnet? Tapi resiko dimusuhi Toni Gimana yah? Jujur Atau Bohong. Adik-adik kalau kamu seandainya jadi Andi, apa yang kamu lakukan??

Ada sebuah kegagalan yang jelas ditunjukkan oleh Alkitab yakni ada sebuah kebohongan yang dilakukan oleh sepasang suami istri Ananias dan Safira. Nanti Adik-adik bisa baca lagi kisahnya di Kisah Para Rasul 5:1-11. Keduanya mencoba menjual tanah mereka sebagaimana beberapa jemaat yang lain, keduanya memiliki perbuatan yang baik yakni memberikan hasil penjualannya kepada Rasul-Rasul, namun sayang niat baik mereka disertai dengan motivasi atau tujuan mereka yang salah. Yaitu mereka ingin menipu para Rasul, walau kita tidak bisa tahu lebih terinci motivasi mereka namun Allah mengerti isi hati mereka dan Roh Kudus menyatakannya kepada para Rasul. Dan Hukuman Allah jelas langsung ditujukan kepada mereka. Ananias dan Safira meninggal akibat telah menipu atau berbohong kepada Tuhan.

Adik-adik sebenarnya Allah sayang kepada kita, Tuhan  akan sedih melihat kita melakukan dosa, dan untuk mengingatkan kita terhadap dosa kita. Mungkin Allah akan mengijinkan masalah muncul dalam hidup kita untuk pendisplinan dan mendidik hidup kita. Kita mau belajar untuk mengatakan apa yang sebenarnya, bukan sebaliknya kebohongan yang kita ucapkan. Contohnya saat mama adik-adik meminta kita ibadah online kita berbohong kalau sedang sakit perut padahal kita malas untuk beribadah atau seperti Toni tadi bilangny main ke rumah Andi padahal pergi ke warnet untuk bermain game online.

Adik-adik Tuhan tidak suka kalau kita berbohong, sekarang kita pilih mau menyenangkan hati Tuhan atau membuat Tuhan sedih?? Kakak yakin saat adik-adik memutuskan untuk berkata jujur Tuhan pun akan selalu menolong adik-adik untuk mempunyai kekuatan dan keberanian berkata jujur.

Ayat Hafalan:

Matius 5:37 ” Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih daripada itu berasal dari si jahat.

Komitmen:

Tuhan Yesus mulai sekarang aku mau belajar untuk selalu berkata jujur kepada siapapun dan Aku percaya Tuhan akan berikan kekuatan kepadaku

                                                                                                                                                                                            YC – SP