Renungan Harian, Selasa 12 Januari 2021

 Bacaan: Yohanes 14:15-31

Kita telah melalui tahun 2020 yang penuh dengan gejolak yang terjadi bukan saja di sekitar kita, namun diseluruh bumi ini. Pandemi yang disebabkan virus covid 19 telah mempengaruhi segala aspek kehidupan, permasalahan bermunculan disana-sini. Kita sedang berjuang menghadai situasi ini dan berusaha untuk tetap bisa bertahan menghadapi masa-masa sulit ini. Memang ada kabar yang mengembirakan, vaksi telah diproduksi dan siap didistribusikan. Namun hal ini tetap masih menjadi perdebatan dan menjadi pertanyaan, amankah vaksin tersebut? Sapai kapan ini berakhir?

Masih banyak masyarakat yang takut hari-hari ini karena belum ada kepastian kapankah pandemic ini berakhir. Banyak hal yang saat ini kita hadapi tanpa adanya kepastian, kita tidak mengerti apa yang akan terjadi diwaktu-waktu kedepan. Namun, bagaimana seharusnya anak-anak Tuhan menyikapi situasi atau keadaan yang tidak pasti ini, apa yang harus ada dalam kita untuk menghadapi situasi seperti ini.

Ada beberapa hal yang harus kita miliki, dari pembacaan Firman Tuhan pagi ini, yaitu:

1. Memiliki Kasih yang pasti (15-24)

Di tengah-tengah banyaknya masalah, kesulitan dan tantangan, sebagai anak-anak Tuhan kita harus tetap memiliki KASIH yang PASTI, kita harus tetap mengasihi Kristus. Mengasihi Kristus adalah MELAKUKAN FirmanNya(15, 21-24). Tuhan Yesus memberikan kepada kita ROH KUDUS untuk menolong, menyertai kita (16-17). Seperti Yesus satu dengan Bapa, maka kita harus satu dengan Yesus (19-20, 23-24).

2. Memiliki Kuasa yang Pasti (25-26)

Di tengah-tengah banyaknya masalah, kesulitan dan tantangan, sebagai anak-anak Tuhan kita harus tetap memiliki KUASA yang PASTI. KUASA itu berasal dari Roh Kudus (Kis 1:8), Kuasa untuk bersaksi (KPR 1:8), Kuasa yang dapat Menguatkan/menghibur (26), Kuasa untuk Melakukan Kebenaran (26), Kuasa untuk Mengalahkan Setan (Yak 4:7), dan banyak hal yang Roh Kudus dapat kerjakan didalam kita.

3. Memiliki pengharapan yang pasti (27-31)

Di tengah-tengah banyaknya masalah, kesulitan dan tantangan, sebagai anak-anak Tuhan kita harus tetap memiliki PENGHARAPAN yang PASTI. Kita diberi DAMAI SEJAHTERA agar tetap berharap (27). Yesus pergi untuk KEMBALI (28-29), Yesus sudah melakukan segalanya untuk kita, agar kita tetap berPENGHARAPAN kepada Dia (30-31). PENGHARAPAN adalah sauh yang kuat dalam kehidupan kita.

Di Tengah-tengah Ketidakpastian, milikilah Kepastian yang ada di dalam Yesus Kristus, yaitu KASIH, KUASA & PENGHARAPAN yang pasti.

Maka kita TIDAK akan diombang-ambingkan DUNIA ini. sekalipun banyak hal ketidak pastian yang ada dihadapan kita hari-hari ini, hanya Yesus yang menjadi kepastian dalam hidup kita.

CM