Disiplin_supaya_tidak_kendor

Renungan Harian Youth, Jumat 31 Juli 2020

Yesaya 40:29-31 Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya. Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung, tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.

Syalom teman-teman Youth yang dikasihi Tuhan, bagaimana kabar kalian hari ini , saya berharap kalian semua dalam keadaan sehat, dan tetap semangat menjalankan aktifitasmu.

Memang tidak mudah menjalani kehidupan seperti yang kita hadapi saat ini, dimana kita harus terus beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang ada. Dimana saat ini kita diperhadapkan dengan adanya virus corona yang masih menghantui kehidupan ini. Kita harus melakukan perubahan-perubahan tananan kehidupan, dengan memakai masker, lebih sering mencuci tangan, jaga jarak , dan kita gak bisa sebebas biasanya sebelum adanya virus corona ini. Biasanya sih , sebagai anak-anak remaja sering kali pergi rame2 bersama teman2, lebih sering nongkrong,  tapi…sekarang harus lebih sering di rumah.  Kita ketemunya mungkin hanya lewat WA atau Zoom aja.

Apakah kamu , mulai bosan? , bosan di rumah? Atau mengalami kelesuan yang luar biasa , karena situasi yang sedang dihadapi sekarang ini, tugas yang lumayan menumpuk di kelas online kalian. Akhirnya ketika kita bangun, bukannya badan menjadi segar, tapi kita merasa lemas, pusing, badan rasanya pegal -pegal. Untuk beranjak dari tempat tidur dan mulai melakukan aktivitas , itu aja menjadi satu perjuangan yang berat luar biasa. Tak jarang , beberapa memutuskan untuk menghentikan aktivitas dan kembali melanjutkan tidur lagi. Ayo siapa yang seperti ini ya…… ngaku….

Sebenarnya yang harus kita lakukan justru harus menggerak-gerakkan badan kita atau olah raga ringan . Hal ini akan mempermudah aliran darah ke otak , sehingga kita mulai semangat lagi. Tampaknya ini keputusan yang sederhana, tapi berdampak cukup besar. Kita tetap beraktivitas satu hari itu, dan pegal-pegal di badanpun hilang seketika. Sayangnya, kita kerap mengambil banyak kekeliruan dalam keputusan kecil setiap hari. Hal inilah yang membuat hari kita berubah menjadi tidak menggairahkan.

Bagaimana dengan kerohanian kita,

apakah kita juga mulai tidak bergairah. Apakah kita mulai menghadapi kelesuan rohani? Mulai malas dalam berdoa, mulai malas untuk membaca Firman Tuhan, karena kita harus menghadapi hal-hal yang tidak sesuai dengan harapan kita, atau bahkan merasa kehidupan ini sia-sia.

Keputusan keputusan kecil ini juga bisa mempengaruhi kehidupan kerohanian kita. Ketika kita bangun tidur, apakah kita memutuskan untuk bersekutu dengan Tuhan atau melakukan aktivitas yang lain. Misalnya bangun tidur langsung buka Hp, up date status, nonton you tube atau melakukan hal lain, atau waktu malam sebelum tidur, apa yang kita masukkan dalam pikiran kita, Apakah kita mau bersekutu dengan Tuhan , atau melakukan hal lain, medsos an, main game , atau you tube an sampai larut malam.  Tampaknya ini memang keputusan kecil , tapi kalau kita salah mengambil keputusan maka akan mempengaruhi pertumbuhan kerohanian kita, bahkan kerohanian kita tanpa disadari dapat tergerus oleh kesibukan atau kesenangan kita sendiri.

Ayo disiplin diri kalian masing-masing, fasilitas (seperti renungan, ibadah online … dll) sudah ada dan tersedia tinggal kalian mau menggunakannya dan menikmatinya atau sebaliknya mengabaikannya.

Ingatkan dalam Yesaya 40:29 dikatakan bahwa Tuhan sendiri yang memberi kekuatan kepada anak-anaknya yang mau menanti-nantikan Dia, tetap semangat dalam persekutuan dengan Tuhan, membaca Firman dan renungan  setiap hari dan damal Roma 12:11 dikatakan , kita harus rajin jangan kendor, biarlah roh kita tetap menyala-nyala, dan layanilah Tuhan.

Disiplin dirimu supaya kerajinanmu tidak kendor, bangun kebiasaan yang baik dimulai dari hal-hal yang kecil setiap hari.

Roma 12:11 Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala   dan layanilah Tuhan

Teman-teman youth Elohim yang dikasihi Tuhan , mari kita belajar mengambil keputusan – keputusan kecil yang benar , sebab dampaknya akan sangat besar dalam pertumbuhan kita , baik jasmani lerlebih rohani kita. Keputusan-keputusan kecil yang kita ambil saat ini , akan mempengaruhi kehidupan kita di masa yang akan datang.

Komitmenku hari ini

Aku mau membangun semangatku untuk melakukan apa yang benar, dimulai dari hal yang paling kecil dalam hari-hariku.

Tetap semangat , Tuhan Yesus memberkati.

RA – AC