Renungan Harian, Sabtu 06 Mei 2021

Amsal 19:16-20

Syalom bapak ibu yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus, kita bersyukur untuk hari yang baru yang sudah Tuhan anugerahkan dalam kehidupan kita semuanya.

Hari ini kita belajar kembali mengenai hal mendasar kehidupan orang percaya yaitu KETAATAN.

Amsal 19:16 Siapa berpegang pada perintah, memelihara nyawanya, tetapi siapa menghina firman, akan mati. Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi TUHAN, yang akan membalas perbuatannya itu.

Bagi penulis Amsal, ketaatan pada perintah Tuhan adalah hal yang sangat penting dan bahkan menyangkut urusan hidup dan mati (ayat 16). Ketaatan akan membuat hidup orang terpelihara, sementara ketidaktaatan akan menghancurkannya. Karena itu adalah penting untuk mendisiplin anak sedini mungkin. 

Amsal 19:18 Hajarlah anakmu selama ada harapan, tetapi jangan engkau menginginkan kematiannya.

Orang tua yang tidak mendisiplin anaknya berarti membiarkan anaknya menjadi bodoh dan jahat. Pada akhirnya itu akan menjerumuskan anaknya kedalam kematian, sebagai hasil dari tingkah laku anak yang buruk (ayat 18).

Amsal 19:19 Orang yang sangat cepat marah akan kena denda, karena jika engkau hendak menolongnya, engkau hanya menambah marahnya.

Mungkin saja seseorang menjadi pemarah karena tidak pernah mendapatkan tindakan disiplin dari orang tuanya. Ia jadi suka mengumbar kemarahannya.  Akibatnya ia akan selalu berada dalam kesulitan (ayat 19).

Amsal 19:20 Dengarkanlah nasihat dan terimalah didikan, supaya engkau menjadi bijak di masa depan.

Padahal dengan belajar mendengarkan nasehat dan menerima tindakan disiplin, orang akan menjadi bijak , dewasa, dan tekun dalam menjalani kehidupan (ayat 20).  Begitu pula orang yang takut akan Tuhan ia akan mengalami perlindungan Tuhan, meski harus menjalani  berbagai  masalah  dalam hidupnya.

Orang yang saleh akan memiliki kualitas hidup yang menjauhkan diri dari segala kejahatan   Orang tidak begitu saja menjadi berhikmat perlu pengajaran  tentang disiplin sejak masa kecilnya.  Melalui proses tersebut ia belajar menghormati Tuhan yang diwujudkan dalam gaya hidup yang saleh. Betapa pentingnya didikan orang tua yang dimulai sejak dini, karena akan berpengaruh panjang bagi keseluruh hidup si anak kelak. Karena itu jangan remehkan didikan

Jadilah orang yang berhikmat dengan menjadi pelaku Firman bukan saja pembaca atau pendengar, ijinkan Firman Tuhan mengoreksi kehidupan kita, meluruskan jalan kita yang salah dan mengajari kita apa yang benar.

Kiranya Roh Kudus akan menolong kita semuanya untuk menjadi pelaku Firman Tuhan

Tuhan Yesus memberkati

EW

PENGUMUMAN

Ibadah New Normal  GPdI Elohim Batu
Jl. Diponegoro no.125 Batu
Minggu, 07 Maret 2021 – Jam 06.00  WIB
Disertai dengan Perjamuan Kudus

Mohon hadir sebelum ibadah dimulai karena ada protokol kesehatan yang harus dilaksanakan

 #WAJIB memakai Masker

Bagi jemaat yang beribadah online dapat mengikutinya melalui Chanel Youtube Elohim Ministry jam 07.00 dan Untuk anak-anak sekolah Minggu Sunday Funday jam 08.15 WIB

Selamat Beribadah