Berfikirlah_sebelum_berkata_kata

THINK Before You Speak or Post

Renungan Harian Youth, Rabu 05 Agustus 2020

Shalom sobat Youth.. Masih ingat tidak beberapa waktu yang lalu (15 Juli)  kita pernah dengerin renungan yang judulnya LATHI? Nah..masih ingat kan.. Kita waktu itu bahas bagaimana pentingnya untuk menjaga Lidah atau Perkataan kita. Nah karena kita sudah tau betapa pentingnya untuk menjaga Lidah dan Perkataan kita, saya mau mengajak kita semua seperti judul renungan kita hari ini yaitu THINK before you speak or post, mari kita sama-sama BERPIKIR sebelum kita berbicara atau memposting sesuatu di medsos. Untuk mempermudah kita untuk mengingat apa saja yang harus kita pertimbangkan sebelum kita berbicara atau memposting sesuatu, mari kita belajar dengan menggunakan akronim dari kata “THINK”

Huruf pertama adalah “T” singkatan dari TRUE (Benar)

Amsal 12:19 “Bibir yang mengatakan Kebenaran tetap untuk selama-lamanya, tetapi lidah Dusta hanya untuk sekejap mata”

Sebelum berbicara atau memposting sesuatu marilah kita Berpikir dahulu apakah yang akan kita katakana/posting adalah hal yang Benar? Jika kita ragu tentang kebenarannya lebih baik jangan mengatakannya, daripada kita merugikan orang lain karena menyebarkan sesuatu yang belum jelas kebenarannya.

Ingat tes yang pertama sebelum kita mengatakan sesuatu adalah “is it TRUE?” apakah ini BENAR? Ngomong-ngomong, meskipun itu benarpun bukan berarti kita harus mengatakannya, karena bagian Akronim berikutnya akan membantu kita lebih lanjut.

Huruf kedua adalah “H” singkatan dari HELPFUL (Berguna/Bermanfaat)

Apakah yang akan kita katakana/posting adalah sesuatu yang Bermanfaat? Apakah ini akan membantu seseorang yang mendengarnya? Atau justru sebaliknya?

Amsal 12:6b “tetapi mulut orang jujur menyelamatkan orang”
Amsal 12:18b “tetapi lidah orang bijak mendatangkan kesembuhan”

Marilah kita menggunakan Lidah kita untuk sesuatu yang bermanfaat bagi orang yang mendengarnya.

Huruf ketiga adalah “I” singkatan dari INSPIRING (Menginspirasi)

Efesus 4:29 “…tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, dimana perlu, supaya mereka yang mendengarnya beroleh kasih karunia”

Apakah kata-kata yang kita keluarkan akan Menginspirasi orang lain dan akan membuat orang lain menjadi lebih baik? Hal inipun perlu kita pertimbangkan.

Huruf keempat adalah “N” singkatan dari NECESSARY (Perlu)

Apakah benar-benar Perlu bagi kita untuk mengatakan apa yang akan kita katakan? Kita perlu menjaga bibir kita dari kata-kata kosong yang tidak produktif. Dalam amsal 4:29 yang sudah kita baca tadi ada kata “dimana PERLU”, alkitab pun mangajarkan kita supaya kita berbicara dimana PERLU kita mengatakannya. Kita perlu menjaga lidah kita (Amsal 13:3)

Huruf terakhir adalah “K” singkatan dari KIND (Baik/Ramah)

Apakah perkataan atau postingan kita baik/ramah?

Karena alkitab mengajar kita dalam Amsal 16:24 “Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang” Jadi marilah kita Baik dan Ramah dalam berkata-kata.

Jadi sebelum kita berbicara ataupun memposting sesuatu hari ini, THINK! Is it TRUE,HELPFUL, INSPIRATIONAL, NECESSARY, and KIND? BERPIKIRLAH! Apakah yang kita katakana itu BENAR, BERMANFAAT, MENGINSPIRASI, PERLU, dan BAIK? Jika ya, kita bisa merasa bebas untuk mengatakannya, tetapi jika tidak, kita seharusnya tidak mengatakannya atau mempostingnya.

Kata-kata bisa melukai atau menyembuhkan. Mana yang akan kita pilih untuk kita kerjakan hari ini?

Filipi 4:8 Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu.

Komitmenku hari ini

Kiranya Tuhan akan menolong aku untuk menjadi orang yang lebih baik dan lebih bijak dalam berkata-kata atau memposting sesuatu di medsos. Tuhan YESUS memberkati.

SM – YDK