Renungan Harian Anak, Sabtu 02 Mei 2020

Bahan bacaan : Yosua 10

Syalom selamat pagi adik-adik semuanya ….

Adik-adik pernah ga mendengar istilah “fenomena Alam”? apa sih artinya? Nih kak sedikit jelaskan ya. Fenomena Alam adalah sesuatu hal luar biasa atau tidak biasa terjadi, keajaiban yang terjadi pada Alam. Fenomena Alam bisa terjadi dalam bentuk banyak hal yang ajaib, ada yang bisa dijelaskan dan beberapa masih menjadi misteri … kok bisa terjadi ya..? contohnya yang baru-baru kemarin di daerah Jawa Barat terjadi suara dentuman keras di langit, katanya para ahli disebabkan karena meletusnya anak gunung Krakatau, tetapi ada juga yang menyatakan disebabkan hal lain.

Nah di Alkitab juga sebuah Fenomena yang Ajaib bahkan sepanjang sejarah tidak pernah terjadi lagi yaitu “MATAHARI BERHENTI”. Wah ini adalah kisah yang ajaib dan spektakuler loh… ini kakak mau cerita.

Yosua dikenal sebagai seorang pemuda yang kuat. Orang orang Israel sangat mengasihinya. Suatu hari Yosua bersama balatentaranya pergi ke kota Gibeon. Di sini ia berjanji kepada penduduk kota apabila ada yang hendak berperang dengan mereka, maka ia akan bersedia memban¬tu. Mendengar janji ini penduduk kota Gibeon merasa senang. Mereka memuji kekuatannya, karena mereka tahu Yosua selalu menang di dalam peperangan. Tanpa diduga tiba-tiba muncullah lima raja pada waktu malam hari untuk menyerang kota Gibeon. Penduduk menjadi sangat takut. Yosua dipanggil dan ia datang beserta pasukannya. Pada waktu Yosua tiba, ia melihat seluruh kota telah dikepung oleh mereka membuat perkemahan di luar kota. Yosua berpikir menyerang mereka perlu waktu yang cukup panjang. Ia melihat langit. ”Wah, tidak lama lagi akan gelap,” katanya. Yosua segera berdoa dan mohon Tuhan beserta dengan dia didalam peperangan. Dan Tuhan berjanji akan menolong Yosua! Selesai berdoa ia menatap kembali ke langit dan berkata: ’

Yosua 10:12 Lalu Yosua berbicara kepada TUHAN pada hari TUHAN menyerahkan orang Amori itu kepada orang Israel; ia berkata di hadapan orang Israel: “Matahari, berhentilah di atas Gibeon dan engkau, bulan, di atas lembah Ayalon!”

Dan, benar, doa Yosua dijawab Tuhan. Matahari, dan bulan ber¬henti sampai semua musuh dikalahkan.

Tuhan mengabulkan permintaan Yosua, ia tidak sendiri berperang melawan musuhnya, tetapi Tuhan menyertainya. Kelima raja beserta tentaranya semua dikalahkan. Adik-adik walaupun kekuatan lawan lebih besar dibandingkan dengan tentara Yosua. Tetapi kenyataannya, tentara Israel menang karena Tuhanlah yang berperang untuk mereka.

Adik-adik dari kisah diatas kita dapat belajar Bersama bagaimana kuasa Tuhan yang besar dan ajaib. Tuhan berkuasa, kita juga ingat waktu Tuhan Yesus meredakan badai. Tuhan berkuasa atas alam semesta ini.

Kuncinya adalah ayo belajar mengandalkan Tuhan, percaya bahwa Tuhan kita dahsyat dan berkuasa yang sanggup menolong kehidupan adik-adik semunya.

Bahkan ditengah wabah korona yang ada, kita harus percaya bahwa Tuhan berdaulat atas alam ini, Tuhan pasti memiliki rencana yang hebat Ketika mengijinkan virus ini melanda seluruh dunia ini. Adik-adik terus berdoa ya kepada Tuhan supaya wabah ini segera bisa diatasi.

Ayo kita mau baca ayat kita hari ini

Mazmur 111:4 Perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib dijadikan-Nya peringatan; TUHAN itu pengasih dan penyayang.

Komitmenku hari ini

Tuhan Yesus, aku percaya perbuatan yang Engkau lakukan adalah Ajaib bagi kehidupanku, aku mau memuji dan memuliakan Engkau.

SBT – NJ

Adik-adik jangan lupa hari Minggu besok ada ibadah Anak Elohim Online ya … kasih tau orang tua kalian ya …
Minggu, 03 Mei 2020
Jam 08.15 WIB

Link : www.elohim.id/ibadahonline
Youtube channel gereja : elohim ministry