Renungan Harian Anak, Senin 02 November 2020

Yohanes 8:1-11

Hallo adik-adik Elohim Kids, Bagaimana kabarnya adik-adik ? Semoga sehat-sehat semua yaa … semoga hari ini sudah semangat semuanya setelah libur sekolah walaupun masih online.

Adik-adik boleh ga sih kita main hakim sendiri? Kita menghukum orang semaunya kita sendiri? Contohny ada orang yang dipukuli karena ketahuan mencuri. Wah ngeri ya padahal kita kan ga boleh main hakim sendiri.

Nah adik-adik Dalam kehidupan sehari-hari pun, mungkin kita sering juga lho main hakim sendiri. Misal waktu adek kita ngerusakin mainan, kita langsung marah atau teriak-teriak kepada adik kita, padahal mungkin adik kita tidak bermaksud untuk merusakkan mainan kita.

Dan di Alkitab juga ada lho satu kisah tentang seseorang yang sudah sangat berdosa namun mendapat pengampunan. Di Sunday Funday kemarin kita sudah mendengarkan cerita tentang seorang wanita yang  sedang sedih dan sangat ketakutan karena ada banyak orang yang akan menghukum dia karena dia baru saja melakukan sebuah dosa atau kesalahan. Ya.. orang-orang banyak itu membawa perempuan itu kepada Yesus. Mereka berteriak, “Perempuan ini harus dihukum! Orang yang bersalah harus dihukum, la harus dilempari batu!”. Tapi adik-adik Tuhan Yesus tidak langsung menjawab teriakan orang-orang itu. Sementara orang banyak itu terus berteriak-teriak dan mendesak Yesus untuk menghukum perempuan itu. Yesuspun akhirnya berdiri dan berkata, “Siapa diantara kalian yang tidak berdosa, ialah yang pertama melempar batu kepada perempuan ini. ”

Namun kemudian, satu persatu orang-orang itu mulai meninggalkan kerumunan orang banyak. Sampai akhirnya tinggallah Tuhan Yesus seorang diri dengan perempuan berdosa yang tersungkur itu. Dan Tuhan Yesus berkata kepada perempuan itu, “Semua orang sudah pergi, semua orang telah berbuat salah. Sekarang, Aku juga tidak akan menghukum engkau. Pergilah dan jangan berbuat dosa lagi.”. Perempuan itu senang sekali karena Tuhan Yesus tidak menghukumnya, bahkan Tuhan mengampuni dosanya.

Wah, kisah tentang pengampunan Yesus kepada perempuan yang berdosa itu sungguh luar biasa ya adik-adik.  Dan bagaimana dengan kita ? Apakah kita mau mengampuni orang yang bersalah kepada kita? Adik-adik.  Mungkin saudara kalian merusakkan barang kalian, mungkin mama papa kalian tidak menepati janjinya, atau bahkan kalian sendiri yang berbuat nakal kepada teman atau saudara kalian. 

Karena itulah, ayo kita belajar memaafkan mereka semua, seperti Tuhan Yesus yang juga mau mengampuni kesalahan dan dosa-dosa kita . Berdoalah kepada Tuhan, supaya adik-adik dimampukan untuk memaafkan orang lain yang berbuat salah kepada kalian.

Ayo kita belajar bersama Jika ada orang yang melakukan kesalahan terhadap kita, ingatlah bahwa kita juga pernah melakukan kesalahan. Ampuni orang lain seperti Tuhan Yesus yang juga mengampuni kesalahan kita

Ayat Hafalan :

Kolose 3:13a Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain

Komitmenku hari ini :

Aku mau belajar untuk mengampuni orang-orang yang bersalah kepadaku, seperti apa yang Tuhan Yesus sudah ajarkan.

SF0211 – KCP