Renungan Harian Youth, Jumat 22 Januari 2021

Halo semua rekan-rekan Elohim Youth. Apa kabar kalian semuanya? Semoga semuanya tetap sehat selalu.

Udah lebih dari dua minggu nih kita masuk di tahun yang baru. Nah soal tahun baru atau di awal tahuh biasanya nih banyak orang punya doa dan harapan baru. Ada juga yang mulai susun resolusi di tahun 2021. Hmmmmm, gimana nih kalian?

Memang wajar sih kalau banyak orang yang punya harapan yang baru di tahun yang baru, tetapi ada ga di antara kalian, rekan-rekan yang mungkin berpikiran “apa kata deh“. Yaaaah, semacam tidak peduli itu untuk hal apa pun yang terjadi. Ya yang terjadi terjadilah tanpa ada semangat untuk menjalaninya.

Sampai sekarang dengan keadaan kondisi pandemik yang belum juga selesai mungkin membuat kita sebagian merasa bosen atau merasa “ya udah deh, biarin aja“. Padahal nih kalaupun dunia sedang bermasalah seharusnya pengharapan kita tidak boleh luntur, karena kita percaya bahwa ada tangan Tuhan yang masih berkarya atas kehidupan kita. Jadi setiap kita anak-anak remaja dan pemuda harus memiliki tujuan hidup yang benar dan tidak kehilangan pengharapan dan tentunya tujuan utama dalam kehidupan kita ada hidup yang memuliakan nama Tuhan

Sekarang coba deh kalian ambil kertas dan bolppin lalu tuliskan hal-hal yang akan kalian lalukan di tahun 2021, yang pastinya akan menyenangkan hati Tuhan. Selanjutnya tinggal tutup mata dan mulai melihat dengan mata Iman untuk berani melangkah mengerjakan apa yang benar. Berdoa adalah landasan yang paling penting dalam perencanaan kita. Mintalah hikmat dan pengertian kepada Tuhan untuk bisa mengerti kehendak Tuhan dalam hidupmu dan masa depanmu

Efesus 1:17-18 dan meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar. Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus

Trus bagaimana langkah selanjutnya untuk kita mengerjakannya ?

Amsal 3:5-7 Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan;

Pertama, Percaya kepada Tuhan sepenuhnya

Ayo belajar dari nasehat Firman Tuhan, untuk terus percaya kepada Tuhan dan tidak bersandar kepada pengertian diri kita sendiri. Percaya adalah sikap hati yang penting dalam kita merencanakan masa depan, tanpa kepercayaan dan Iman maka kita akan kehilangan pengharapan kita.

Kedua, Akuilah Dia dalam segala lakukmu

Artinya adalah terus libatkan Tuhan dalam segala hal yang akan kita kerjakan, dan seperti Firman Tuhan maka Dia akan meluruskan jalanmu. Dengan kata lain, ketika kita salah dalam keputusan kita, maka Tuhan yang akan mengingatkan dan meluruskan jalan kita untuk kembali kepada jalan yang benar

Ketiga, takutlah akan Tuhan

Lakukan segala sesuatu didalam takut akan Tuhan maka kita akan menjauhi hal-hal yang jahat. Terus bangun hati yang selalu sadar dan takut akan Tuhan sehingga kita tidak berjalan sembrono dan semau diri kita sendiri.

Ayo siapkan planning mu, lakukan yang terbaik dan jalanilah hari-hari mu dengan kekuatan dari Tuhan. Jangan takut untuk merencanakan banyak hal karena waktu kamu terus mengandalkan Tuhan maka percayalah Rencana Tuhan yang tidak pernah gagal.

Jika ada recanamu yang tidak terwujud percayalah itu bukan kegagalan tetapi Tuhan sedang meluruskan jalan kehidupan kita. Jangan mengeluh atau menyalahkan Tuhan tetapi sebaliknya milikilah mata Iman untuk melihat kegagalan adalah kesempatan untuk terus diluruskan sesuai dengan kehendak Tuhan.

So, percayalah rekan-rekan semuanya bahwa tahun ini adalah tahun yang penuh mujizat, tahun yang diberkati, dan di tahun ini juga kita akan menuai banyak hal baik. Syaratnya adalah percaya pada Tuhan, tidak bersandar pada pengertian sendiri, nggak sombong dan menjauhi kejahatan. Kalau kita udah melakukan semua itu, pasti Tuhan akan memberikan yang terbaik buat kita.

Jadi, are u ready guys? Jangan bingung atau ragu lagi ya mau ngapain dan gimana, mari kita tunggu surprisenya Tuhan tahun ini bagi kehidupan kita.

Komitmenku hari ini:

Aku mau mau setiap hari menjalani komitmenku untuk berjalan dalam kehendak Tuhan setiap hari, kiranya hikmat dan pengertian yang benar ada dalam hidupku.

GE – AC