Mengampuni_dan_tetap_berbuat_baik

“Melakukan yang Baik kepada mereka yang Tidak Baik kepada Kita”

Renungan Harian Sabtu,  22 Agustus 2020

Nats: Kejadian 50:15-20

Hallo adik-adik yang disayang Tuhan, bagaimana kabarnya pagi ini? Semua sehat dan baik2 kan…? Puji Tuhan, pagi ini kita siapkan hati untuk mendengar firman Tuhan ya.

Yuk sama-sama kita baca ayat bacaan kita pagi ini…

Pagi ini kakak mau bercerita tentang pengampunan yang diberikan Yusuf kepada saudara saudaranya. Yusuf adalah anak dari Yakub dan Rahel. Selain dengan Rahel, Yakub juga memiliki anak dari Lea, Zilpa dan Bilha. Semuanya ada 12 anak laki laki yang dimiliki Yakub. Namun dari semuanya, Yakub paling sayang dengan Yusuf. Hal ini membuat saudara-saudaranya iri dan benci kepada Yusuf.

Suatu kali Yakub memberikan Yusuf sebuah jubah yang maha indah. Namun sayang sekali hal ini membuat kebencian saudara-saudaranya terhadap Yusuf menjadi semakin memuncak. Suatu ketika, Yusuf menjumpai kakak-kakaknya di ladang. Lalu, kakak-kakaknya merencanakan sesuatu yang jahat kepada Yusuf, mereka menangkap Yusuf dan melemparkannya kedalam sebuah sumur yang tidak berair dan ditinggalkan sendiri. Kemudian, karena rasa kasihan salah satu kakaknya akhirnya mereka sepakat untuk menjual Yusuf kepada seorang pedagang yang kebetulan lewat di situ. Dan, saat mereka pulang, mereka mengatakan kepada bapak Yakub bahwa Yusuf telah mati diterkam binatang buas.

Kemudian Yusuf dibawa ke Mesir dan dijadikan pembantu. Namun, karena Tuhan Allah selalu menyertai Yusuf, Tuhan membuat apa yang dikerjakannya berhasil sehingga dia menjadi orang sangat disayang dan dipercaya oleh tuannya. Singkat cerita, akhirnya Yusuf menjadi seorang pemimpin yang terkenal dan kaya raya di Mesir.

Pada suatu saat, terjadi bencana kelaparan di seluruh bumi termasuk di tanah Kanaan, kampung halamannya, kakak-kakak Yusuf datang ke Mesir untuk mencari makanan karena hanya di Mesir yang masih memiliki bahan makanan. Dan akhirnya Yusuf bertemu dengan kakak-kakaknya. Yusuf menangis dan memeluk mereka. Yusuf tidak menyimpan dendam. Yusuf menangis karena dia sangat menyayangi saudara-saudaranya, walaupun mereka telah berbuat jahat kepadanya.

Firman Tuhan hari ini menceritakan ketakutan saudara Yusuf saat ayah mereka, Yakub, meninggal. Saudara saudara Yusuf takut kalau Yusuf akan membalas dendam dan menyampaikan pesan yang direkayasa. Mendengar hal itu Yusuf kemudian meyakinkan saudara saudaranya untuk tidak takut. Tidak hanya itu, Yusuf juga menghibur dan menenangkan hati mereka dengan perkataannya untuk tetap menjamin hidup saudara saudaranya dengan menanggung makan saudara-saudaranya dan juga anak-anak mereka. 

Nah, adik-adik juga harus dapat seperti Yusuf. Ketika adik-adik diisengin, digodain, dipukul, dicubit, mainannya direbut, diejek oleh orang lain, kita diajar untuk tidak boleh membalas dan harus memaafkan orang tersebut.

Namun, adik-adik harus belajar juga untuk tetap berbuat baik kepada mereka yang telah menyakiti kita. Tetap mengasihi mereka, tetap memberi perhatian kepada mereka, tetap menolong saat mereka membutuhkan, jangan diingat kesalahan mereka, tetapi ingat bagaimana Tuhan sudah sangat baik bagi kita. Adik-adik pasti bisa melakukannya dengan meminta pertolongan Tuhan Yesus.

Ayat Hafalan hari ini

Lukas 6:27, “Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu;”

Komitmen hari ini:

Tuhan Yesus, ajar kami untuk bisa mengampuni, memaafkan dan tetap berbuat baik kepada semua orang yang membenci kami.

CM – NJ

Pengumuman :

Jangan lupa adik-adik semuanya, untuk mengikuti ibadah Elohim Kids di acara Sunday Funday ya … Besok hari minggu jam 08.15 di chanel Youtube Elohim ministry dengan tema :

“MERDEKAAA …”

Ayo kita bersukacita Bersama memuji Tuhan dan juga yang paling penting kita belajar Firman Tuhan.

Untuk aktivitas besok adik-adik perlu siapkan.

  1. Kertas Gambar/HVS warna Putih
  2. Pensil dan alat tulis
  3. Pansil Warna atau crayon

Sampai jumpa besok ya … Tuhan Yesus memberkati.