Renungan Harian, Sabtu 06 Juni 2020

Dalam pengiringan kita kepada Tuhan, ada banyak permasalahan yang datang silih berganti sehingga tingkat pengharapan kita kepada Tuhan bisa naik ataupun turun, karena itulah penting untuk terus meningkatkan pengharapan kita kepada Tuhan.

TINGKAT PENGHARAPAN KITA MENENTUKAN SEBERAPA BESAR YANG KITA TERIMA DARI ALLAH

Mazmur 62:6 Hanya pada Allah saja kiranya aku tenang, sebab daripada-Nyalah harapanku.

Dalam kehidupan ini tentunya setiap orang pasti pernah merasakan akan rasa kecewa.  Salah satu penyebab dari perasaan kecewa yaitu ketika seseorang mengalami ketidakpuasan dengan apa yang diterima atau yang dialaminya. Di dalam ayat bacaan diatas kita melihat bagaimana Habakuk mengalami rasa kecewa pada Tuhan sebab apa yang ia harapkan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada; begitu pula dalam hidup ini. Contoh, seseorang akan kecewa ketika mereka bekerja cukup keras namun hasilnya belum sesuai dengan apa yang ia harapkan.  Atau mugkin orang tua yang mengalami rasa kecewa terhadap anaknya. Bahkan ketika seseorang tidak diterima dalam suatu kelompok maka kekecewaan itu akan muncul. Dan ketika rasa kecewa ini terus disimpan maka suatu saat akan dapat menyebabkan seseorang ingin balas dendam ataupun berdiam diri. Bahkan seseorang akan memiliki keinginan untuk bunuh diri ketika ia kecewa.

Karena itulah kita perlu membangun PENGHARAPAN kita didalam Tuhan.
Kita akan belajara dari Kemenangan Daud atas Raksasa Goliat

MENGAPA KITA PERLU MEMBANGUN PENGHARAPAN KITA?

1. PENGHARAPAN Memuliakan Allah!

1 Samuel 17:46 Hari ini juga TUHAN akan menyerahkan engkau ke dalam tanganku dan aku akan mengalahkan engkau … supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel mempunyai Allah

Ketika Tuhan mengijinkan kita menghadapi permasalah kehidupan ini adalah agar kita dapat memuliakan Allah

2. PENGHARAPAN akan meningkatkan KEMAMPUAN kita

I Samuel 17:48-49. Kisah Daud mengalahkan Goliat menjadi contoh bagi kita bahwa Pengharapan akan menumbuhkan keyakinan dan akan diikuti oleh kemampuan kita.
Daud memiliki kemampuan yang luar biasa ketika mengalahkan Goliat … ditengan orang-orang Israel lain yang lemah karena ketakutan, Daud berani bertindak karena pengharapan kepada Allah.

3. PENGHARAPAN akan menjadi INSPIRASI bagi orang lain

I Samuel 17:51-52 Daud berlari mendapatkan orang Filistin itu, lalu berdiri di sebelahnya; … Maka bangkitlah orang-orang Israel dan Yehuda, ..

Pengharapan selalu membawa inspirasi dan mempengaruhi orang lain ~ pengharapan itu bisa ditularkan.

“Harapan adalah bagian penting untuk kehidupan yang dinamis. Dimana ada harapan, disitu ada kehidupan yang berkemenangan”

Pagi hari ini mari kita membangun pengharapan kita didalam Tuhan, jangan pernah kehilangan Pengharapan karena disanalah ada kemenangan dan Janji Tuhan yang pasti akan digenapi.

Selamat menjalani hari yang diberkati dan disertai oleh Tuhan

Tuhan Yesus Memberkati

ST