Renungan Harian Anak, Senin 11 Mei 2020

Bacaan: Markus 4:21-25

Syalom adek-adek hebat, Bagaimana kabar hari ini ? Kakak berdoa agar semua dalam keadaan yang sehat. Tetap di rumah aja, jaga kesehatan dan dengar-dengaran Perintah mama, papa, kakak, kalian. Harus tetap semangat untuk Kerjakan tugas sekolah dengan baik, membantu orang tua dengan sukacita tanpa marah-marah.

Adik adik pada suatu waktu, saat hujan turun lebat dengan suara petir yang menyambar dengan suara angin yang keras, tiba-tiba lampu padam di rumah. Seketika itu apa yang adik-adik rasakan? pasti adik-adik panik, binggung ada yang teriak spontan ya mati lampu, ada yang panggil mama-mama dimana aku disini aku takut gelap, gak keliatan apa apa. Atau Ada juga yang bantuin mama cari lilin dan korek atau lampu emergency. Setelah menyalakan lilin pastilah keluar cahaya kecil yang dapat menerangi seluruh ruangan pastilah perasaan yang nyaman saat itu, cahaya yang kecil membuat seketika perasaan kita berubah seketika. Betul tidak adik adik?

Didlm Alkitab terdapat didalam Matius 4:21-25.

Di ayat 21 Markus 4:21 Lalu Yesus berkata kepada mereka: “Orang membawa pelita bukan supaya ditempatkan di bawah gantang atau di bawah tempat tidur, melainkan supaya ditaruh di atas kaki dian.

Cerita Tuhan Yesus ini sangat menarik jika seseorang memiliki lampu minyak yang menyala, ia tidak mungkin menaruhnya dikolong tempat tidur, pasti ditaruhnya di tempat yang lebih tinggi, supaya semua jadi terang. Seperti kejadian waktu mati lampu tadi kan tidak mungkin menaruh lilin dibawah tempat tidur, lilinnya harus ditaruh ditempat yang tepat supaya menerangi semua ruangan.

Nah Apa artinya dengan Firman Tuhan supaya kita menjadi Terang?

Terang itu adalah firman Tuhan.

Setiap hari adik-adik sudah mendengar firman Tuhan, mirip dengan orang yang sedang membawa lampu yang terang ditenggah-tengah kegelapan. Ketika adik-adik melakukan apa yang benar maka adik-adik sedang membawa terang itu. Dimana? Ya dimanapun adik-adik berada. Ayo melakukan apa yang benar sesuai dengan Firman Tuhan.

Ketika temen-teman adik-adik suka berbohong, adik-adik membawa terang dengan menjadi anak yang jujur, ketika yang lainnya suka marah-marah adik-adik menjadi anak yang taat, ditengah-tengah kesedihan adik-adik membawa sukacita dan penghiburan … ayo coba cari contoh yang lain…

Nah adik-adik Jadilah terang yang memancar dari setiap kehidupan kalian, seperti kata Firman Tuhan yaitu

Jadilah teladan bagi orang percaya dalam perkataan, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu dalam kesetiaanmu dan dalam kesetiaanmu (1 Timotius 4:12)

Nah, kita tidak boleh menyimpan terang itu sendiri, tapi kita harus membawa dan membagikan ke orang lain. Supaya banyak orang juga terberkati lewat kehidupan adik-adik semua. Ayo menceritakan tentang kebaikan Tuhan Yesus, Dia yang menolong, menghibur, memberi kekuatan dan berkat buat kita semua.

Ayo kita baca ayat Firman Tuhan hari ini

Matius 5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”

Komitmenku hari ini

Tuhan Yesus, Aku mau menjadi  jadi terang dalam kegelapan dunia ini, Biarlah terang-Mu bercahaya melalui hidupku.

TPR – KCP