Renungan Harian Anak, Rabu 06 Januari 2021

1 Raja-raja 17:7-16

Selamat pagi adik-adik yang dikasihi Tuhan Yesus, semoga kalian baik-baik semuanya ya.

Bagaimana kabar kalian diawal tahun yang baru ini? pastinya adik-adik masih semangat dan tetap semangat ya? pagi ini kakak akan kembali membawakan renungan firman Tuhan  dengan judul : “Memberi tetapi tidak kekurangan”

Kok bisa ya adik-adik memberi tetapi tidak berkurangan, apa ya maksud dari renungan kita hari ini? Nah supaya adik-adik nanti bisa lebih paham adik-adik nanti bisa minta tolong atau baca sendiri ya didalam 1Raja raja 17:7-16. Didalam kitab ini diceritakan tentang Nabi Elia dan janda sarfat.

Adik-adik dimana pada suatu ketika Allah memerintahkan nabi Elia pergi ke sebuah daerah yaitu Sarfat, sebenarnya tempat yang akan dituju itu sama-sama sedang mengalami bencana kelaparan, tetapi nabi Elia menuruti perintah Tuhan. Kemudian nabi Elia bertemu dengan seorang janda adik-adik tahu kan siapa itu Janda yaitu Seseorang yang telah ditinggalkan oleh suaminya. Nabi Elia meminta air kepadanya supaya ia dapat minum dan meminta sepotong roti baginya karena nabi Elia merasa lapar. Adik-adik ibu janda ini  binggung apa yang akan diberikan kepada nabi Elia karena ia tidak memiliki apa-apa, sehingga ia berkata kepada nabi Elia, aku tidak memiliki apa-apa, yang ada padaku hanya segenggam tepung dan sedikit minyak, kalau itu aku buat roti hanya cukup untuk aku dan anakku saja,sesudah itu tepung itu akan habis dan kami akan mati karena kami sudah tidak punya apa-apa lagi.

Meskipun janda itu berkata demikian adik-adik, janda tersebut tetap membuatkan sebuah roti bagi nabi Elia karena ia percaya bahwa Tuhanlah yang akan mencukupkan segala kebutuhannya dan Tuhan tidak membiarkan ia dan anaknya kelaparan. Memang benar adik-adik ketika ia membuatkan roti untuk Nabi Elia dari adonan itu ternyata adonan roti itu tidak habis-habis, sehingga ibu janda ini bisa membuat banyak roti dan cukup untuk persediaan makan ia tidak kekurangan meskipun tepungnya tinggal sedikit.

Nah! dari cerita firman Tuhan ini mengajarkan kepada kita, supaya kita bisa memberi dan berbagi kepada orang lain meskipun yang kita miliki hanya sedikit pasti kita tidak akan kekurangan. Adik-adik berbagi tidak harus menunggu punya banyak dulu. Tetapi berbagi dari apa yang dimiliki, walaupun tidak banyak namun adik-adik harus mau untuk belajar berbagi kepada sesame.

Dan firman Tuhan hari ini diperkuat melalui ayat hafalan kita yang terdapat didalam:

2 Korintus 8:15  Seperti ada tertulis “orang yang mengumpulkan banyak tidak Kelebihan dan orang yang mengumpulkan sedikit  tidak  Kekurangan” 

Komitmen hari ini :

Tuhan Yesus aku mau belajar untuk saling berbagi, dengan apa yang aku miliki supaya aku bisa jadi berkat bagi sesama.

YF – IFM