2 Petrus 1:3-4

Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib. Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.

Pengenalan akan Tuhan akan membawa kepada kehidupan yang saleh, sehingga kita dapat mengambil bagian didalam Tuhan. Jika kita hanya sekedar tahu tentang seseorang maka tidak bisa dikatakan bahwa kita menjadi bagian orang tersebut, mungkin lebih pas kita hanya “mengenal kulitnya bukan dalamnya.” Kita tidak bisa mengatakan kita tahu hatinya, kerinduannya, apa yang membuatnya senang atau sedih.
Namun berbeda dengan pengenalan, pengenalan akan membawa kita untuk mengenal secara mendalam … digambarkan seperti pasangan suami istri, didalam hubungan tersebut ada pengenalan yang mendalam sehingga dapat diketahui  isi hati dan pikiran dari orang yang kita kasihi.

Firman Tuhan menyatakan dalam pengenalan akan Allah akan menuntun kita untuk menerima janji-janji Tuhan  berharga dan sangat besar agar kita dapat menjadi bagian dari kodrat ilahi.


Janji menurut kamus Webster adalah suatu deklarasi/ pernyataan bahwa seseorang akan melakukan atau tidak melakukan hal tertentu. Itu merupakan sesuatu yang sah sehingga orang yang menerima janji punya hak untuk mengharapkan kenyataan dari janji itu.

Petrus menyatakan bahwa janji Tuhan itu sangat besar dan berharga.

I. Janji-janji Tuhan Tuhan punya peran penting bagi masa depan kita.

Tuhan memberikan pengharapan yang besar dan ajaib bagi dimasa depan kita. Ada beberapa ayat yang menyatakannya :

# 1 Tesalonika 4:16-17 menyongsong Tuhan dan akan Bersama-sama dengan Dia selama-lamanyanya
# 1 Korintus 2:9 Dia menyediakan hal-hal yang melebihi pemikiran kita
# Wahyu 21:4 Tuhan memberikan janji akan menghapus segala airmata, tidak ada maut, perkabungan dan dukacita.

II. Janji-janji Tuhan juga relevan bagi masa kini yg penuh tantangan.

Tuhan memberikan Janji yang menyertai kehidupan kita “sekarang”,

# Tuhan sanggup mengerjakan pemulihan dan penjagaan dalam kehidupan kita. (Yesaya 54:17; Yesaya 59:19)
# Tuhan yang memelihara dan menyertai kehidupan kita. (Mazmur 23:4)
# Dia yang menjajikan kemenangan ~ Roma 8:37 Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.

III. Janji-janji  Tuhan menjangkau jauh ke dalam hidup kita dan kegelapan dosa masa lalu.

Tuhan yang menyatakan pengampunan dan pemulihan kehidupan kita dari ancaman dosa.

# Mazmur 103:12 sejauh timur dari barat, demikian dijauhkan-Nya dari pada kita pelanggaran kita.
# 1 Yohanes 1:7 Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa. 

Janji-janji Tuhan sangat besar dan berharga namun kita perlu sadar semua itu diberikan agar kita dapat mengambil bagian dalam karakter Kristus bukan hanya untuk jaminan hidup sekarang untuk memuaskan keinginan dan kehendak dan perasaan nyaman kita.

Mari mengambil bagian didalam Kodrat Ilahi agar karakter Kristus terus bertumbuh dalam kehidupan kita.

Peganglah dan alami bahwa janji Tuhan dalam kehidupan kita YA dan AMEN dan kita akan menikmati penggenapannya.

GS