Renungan Harian, 15 April 2020

Bahan bacaan : Ibrani 12:1-3

Alkitab memberikan sebuah gambaran kehidupan kita seperti sebuah PERTANDINGAN. Setiap kita orang percaya berlomba-lomba didalamnya untuk dapat bertanding dan menyelesaikannya dengan baik. Penulis Ibrani memberikan nilia-nilai penting bagi perjuangan agar kita menang dalam Pertandingan Iman Kristiani yaitu dengan “Melihat”.

HIDUP KRISTEN ADALAH SEBUAH PERTANDINGAN
TIDAK MUDAH NAMUN JUGA TIDAK MUSTAHIL

Ada TIGA langkah yang bisa kita lakukan agar kita MENANG:

1. “TENGOK” PARA PENDAHULU KITA

Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita. Ayat 1a

“Banyak SAKSI”? Siapakah mereka ? Mereka adalah Para pahlawan iman yang disebutkan dalam pasal 11 (Rahab, Gideon, Barak, Simson, Yeftah, Daud, Samuel dan para nabi) karena Mereka telah mencapai garis akhir, Mereka telah menerima upah dan Mereka menyaksikan Allah dapat diandalkan (13:5).

2. “LIHAT” DIRI SENDIRI

marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita. Ayat 1b

Kemudian dilanjutkan dengan melihat diri kita sendiri, ada hal-hal yang harus kita kerjakan.

# PERSIAPAN … Ada 2 hal penting yang harus kita lakukan yaitu Pertama, Menanggalkan BEBAN (Kolose 3:8; 1 Petrus 2:1-2) dan Kedua, Menanggalkan DOSA (Roma 6:12)

# KETEKUNAN (Ibrani 6:11-12) … Pertandingan Iman digambarkan seperti sebuah pertandingan lari Marathon jangka Panjang karena itu diperlukan ketekunan untuk menjalaninya. Tuhan Yesus memberikan teladan dan mengajarkan juga supaya kita juga menjadi anak-anak Tuhan yang memiliki ketekunan.

Karena itu … Berlarilah dalam pertandingan kita sendiri yang (“diwajibkan bagi kita”). Bukan kompetisi, tapi kita berada dalam tim yang sama supaya masing-masing kita dapat mengakhiri pertandingan Iman dengan baik dan menerima upah kita yaitu Mahkota kekekalan

Roma 2:6-7  Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya, yaitu hidup kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasaan,

3. “PANDANG” YESUS

Ibrani 12:3 Ingatlah selalu akan Dia, yang tekun menanggung bantahan yang sehebat itu terhadap diri-Nya dari pihak orang-orang berdosa, supaya jangan kamu menjadi lemah dan putus asa.

Mengapa kita harus memandang kepada Yesus?

Karena Ia adalah PEMIMPIN (the author) dan PENYEMPURNA (finisher) iman” (12:2).  Ia adalah TELADAN kita. Demi “sukacita,” Ia rela: Memikul salib dan Menanggung kehinaan.

Karena itu Penulis ibrani mengingatkan agar
INGAT SELALU AKAN DIA (ay. 3) akan menolong kita untuk melenyapkan “kelemahan” & “keputusasaan”

Mari sebagai orang percaya, setiap kita bertanding dalam pertandingan Iman, dalam segala seituasi yang sedang kita hadapi sekarang, mungkin ada yang mengalami keadaan lemah, kiranya renungan kita saat pagi hari ini Kembali menguatkan iman dan percaya kita kepada Tuhan Yesus Kristus.

“Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu”
Ibrani 10:36

Tuhan Yesus Memberkati