Renungan Harian, Rabu 10 Juni 2020

Mazmur 150:1-6 …

Syalom selamat pagi … Mari kita merenungkan bersama kebenaran Firman Tuhan. Kita akan merenungkan kebenaran dalam Memuji Tuhan bahwa

Memuji Tuhan itu Hukumnya WAJIB bagi semua manusia yang bernafas dan Memuji Tuhan itu merupakan respon ucapan syukur kita atas segala kebaikan Allah pada kita, dan PENGHORMATAN kepada pribadi Allah yang layak disembah.

Dalam Mazmur 150 ini seluruhnya terdiri dari seruan untuk memuji Tuhan. Terdapat 10 kali seruan pujian. “Pujilah Allah” .. Mazmur 150 ini diawali dengan kata Haleluya dan diakhiri juga dengan kata Haleluya. Ini menunjukkan betapa pentingnya memuji Tuhan itu. Kita akan sama-sama nerenungkan ayat ayat dalam Mazmur pasal 150 ini. 

Dimanakah kita memuji Tuhan?

Mazmur 150:1 (FAYH)  HALELUYA! Ya, pujilah Tuhan! Pujilah Dia di dalam Bait-Nya, dan di cakrawala yang dibuat-Nya dengan kuasa yang besar.

Bait-Nya disini bisa berarti Bait Allah, dan cakrawala bisa berarti Surga. Kita beribadah di gereja dan saat ini kita semua adalah Bait Allah, tempat Allah tinggal. Namun secara khusus bahwa Allah tinggal dalam diri kita, di rumah-rumah kita masing-masing dalam keluarga kita, oleh karena itu kita diajak bersama oleh pemazmur memuji Tuhan di rumah kita masing-masing bersama seluruh keluarga kita. Bait Allah (semua umat-Nya) di seluruh dunia memuji Tuhan bersama-sama di rumah masing-masing bersama keluarga, Tuhan  berkenan dan pasti memberkati kita semua bait-Nya. Memuji Tuhan selama kita di dunia ini sampai kita di Surga, kita juga memuji Tuhan.

Mengapa kita memuji Tuhan? Mazmur 150:3-5

Tuhan itu Maha Besar

Mazmur 106:2 (VMD)  Tidak seorang pun dapat menuliskan berapa besar sesungguhnya TUHAN. Tidak seorang pun dapat memuji-Nya dengan secukupnya.

Apakah ada yang bisa menceritakan seberapa besarkah Tuhan kita? TIDAK ADA. Tidak ada seorangpun yang dapat dan layak mengukur, menimbang, menilai Tuhan. Sebab itu memang sudah seharusnya kita memuji Tuhan.

TUHAN itu Perkasa dan perbuatan-Nya ajaib.

Mazmur 98:1-2 (VMD) Nyanyian pujian. Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN karena Ia telah melakukan hal-hal yang ajaib. Kuasa dan tangan kanan-Nya yang kudus telah membawa kemenangan yang lain bagi-Nya. TUHAN telah menunjukkan kuasa-Nya kepada bangsa-bangsa untuk menyelamatkan. Ia menunjukkan kebaikan-Nya kepada mereka.

Allah juga sudah membebaskan kita dari perbudakan dosa, kita dibebaskan dengan darah Anak-Nya sendiri. Kita yang seharusnya dihukum tidak dihukum-Nya karena Yesus sudah menggantikan kita. Dimana mana jika ada orang yang bersalah pasti dihukum, tapi ini berbeda kita bersalah, berdosa, tapi kita dibebaskan tanpa syarat. Puji Tuhan, kita juga diberi kemenangan dalam setiap pergumulan kita. itu sebabnya Wajib kita memuji Tuhan sebagai tanda ucapan syukur kita.

Allah Menenun kita dari sejak dalam kandungan dengan tangan-Nya sendiri.

Mazmur 139:16 (TB)  mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satu pun dari padanya.

Secara kreatif dan aktif Allah terlibat dalam perkembangan kehidupan manusia. Tidak ada satupun manusia yang sama persis. Kembar identik pun tidak ada yang sama persis, tetap ada beda. Sidik jari setiap manusia berbeda satu dengan yang lainnya. Begitu hebat dan kreatif Allah kita. IA sendiri juga memperhatikan seorang bayi sejak dikandung; perhatian-Nya kepada janin itu berlangsung sampai membuat rencana bagi hidupnya kelak

Oleh sebab itu sudah seharusnya kita memuji Tuhan setiap waktu, tiap hari dalam kehidupan kita.

Setiap pagi kita memulai hari bersama Tuhan dengan memuji Tuhan. Dipagi hari bangun tidur kita memuji Tuhan karena Tuhan sudah memberikan kita tidur yang nyenyak dan pagi hari bisa bangun dengan badan yang sehat, masih bisa bernafas, bisa bergerak, metabolisme tubuh kita baik. Di malam hari kita bersyukur karena Tuhan sudah memelihara kita memberikan makanan yang cukup, Tuhan sudah melindungi kita, menolong kita beraktifitas sepanjang hari sehingga kita masih boleh ada di malam hari mengakhiri hari bersama Tuhan, kembali kita memuji Tuhan buat karyanya sepanjang hari buat kita.

Mari terus jadikan Memuji Tuhan sebagai gaya hidup kita setiap waktu. Dimana ada pujian disitu Allah hadir. Jika Allah hadir dalam hidup kita, kita dapat menjalani hari-hari kita dengan penuh harapan, sukacita dan sejahtera. Semua hari pasti akan menjadi hari yang Indah.

Selamat Pagi, Terus nikmati hadirat Tuhan dimana saja kita berada. 

EM