Renungan Harian Sabtu, 09 Januari 2021

(1Yohanes 5:1-5) Iman mengalahkan dunia
Setiap orang yang percaya, bahwa Yesus adalah Kristus, lahir dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi Dia yang melahirkan, mengasihi juga Dia yang lahir dari pada-Nya. Inilah tandanya, bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintah-Nya. Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat, sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita. Siapakah yang mengalahkan dunia, selain dari pada dia yang percaya, bahwa Yesus adalah Anak Allah?

Mengalahkan DUNIA atau Mengalah pada DUNIA ????

Kemenangan adalah hal yang selalu kita dambakan namun apakah arti dari kemenangan itu? Victory : a success ending of struggle or contest. Kemenangan adalah hasil dan kesuksesan ketika kita mengakhiri sebuah pergumulan atau pertandingan. Karena itulah kemenangan hanya didapatkan oleh mereka yang mau untuk berjuang dengan tekun.

IMAN

Iman Kepada Yesus Kristus adalah Kunci kemenangan dalam kehidupan kita. Tanpa Iman kepada Yesus Kristus maka kita tidak memiliki pegangan yang kokoh untuk bertahan dalam kebenaran Firman Tuhan

“Jadi, iman timbul dari pendengaran dan pendengaran oleh firman Kristus (Rm 10:17 )

Kenapa iman sangat penting ????

Imanlah yang membuat diri kita berkenan kepada Allah, segala yang kita kerjakan dengan Iman akan melibatkan kehadiran Tuhan didalamnya.

Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah,ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia (Ibr 11:6)

Karena itu Kita Tidak akan membiarkan pengaruh “dunia” mengoyahkan Iman kita kepada Yesus Kristus

Kisah Kekristenan di Uganda

Agama Kristen masuk di Uganda tahun 1877 oleh Henry Stanley (orang inggris) yang memperkenalkan injil kepada Raja Mutesa. Pengantinya, Raja Mwanga menolak injil. Pada 31 Januari 1885, Mark Kukumba, Yusuf Rugarama dan Noah Seruwanga menjadi martir pertama. Puncaknya tahun 1970, Idi Amin membunuh ribuan orang percaya. Bukannya kekristenan menjadi musnah tetapi hari ini, Uganda menjadi negara dengan presentasi orang Kristen terbesar dari negara-negara lainnya di Afrika.

JANGAN menggantikan Iman kita dengan “ dunia kita” yaitu apa yang kita miliki, yang kita punya atau yang kita bisa.

IMAN berbuah Kasih

Tetapi Kasih kepada Allah dan Sesama menjadi bukti iman kita kepadaNYA. Dalam 1Yohanes 4:7-21. Kita belajar bersama bahwa kasih itu lahir dan bersumber dari pribadi Allah. Kasih adalah inisiatif Allah yang terwujud dalam diri Yesus Kristus. Dan wujud kasih kepada Allah adalah dengan mengasihi sesama kita. Kasih akan melahirkan ketaatan, karena itulah ketika hidup kita ada didalam kasih maka “Perintahnya tidaklah berat”

Contohnya Matius 8:5-13 (Yesus menyembuhkan Hamba Perwira di Kapernaum) Sebuah tindakan yang didasari kasih yang bertemu dengan iman akan membuahkan mujizat (Ayat 6) bahwa Yesus heran mendengar hal itu (Ayat 10)

Ingatlah bahwa semua yang Lahir dari Allah  mengalahkan DUNIA dan Akhirilah pertandinganmu serta tahlukkan Dunia

Tidak ada kemenangan tanpa perjuangan“
Kemarin aku berani berjuang, hari ini aku berani meraih kemenangan”
Satu-satunya cara mengalahkan “duniamu” adalah ketika engkau menemukan Tuhan ada didalam kehidupanmu”

TC