Hormatilah_Orang_Tuamu

Renungan Youth, Sabtu 08 Agustus 2020

Syalom teman-teman Youth yang dikasihi Tuhan, bagaimana kabar kalian hari ini , saya berharap kalian semua dalam keadaan sehat, dan tetap semangat menjalankan aktifitasmu.

Ayat pokok kita hari :

 “Hormatilah ayahmu dan ibumu, ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini : supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi.”

Efesus 6:2-3,

Rekan-rekan youth … Memang tidak mudah menjalani kehidupan seperti yang kita hadapi saat ini, dimana kita harus terus beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang ada. Salah satu perubahan itu adalah , kita masih banyak beraktifitas dirumah, mau tidak mau kita mesti berjumpa dengan setiap saat dengan seluruh anggota keluarga , tak terkecuali  kita terus berjumpa dengan orang tua kita setiap saat , baik itu Papa atau Mama kita.

Bagaimana hubungan teman-teman youth dengan orang tua kalian ???

Apakah baik-baik saja?……..atau….. malah sering bertengkar, gak cocok, gak suka, gak setuju dengan keputusan atau tindakan  Ortu. Yang akhirnya diikuti dengan marah, ngambek dll. Hal ini sering terjadi, apalagi diusia-usia kalian saat ini, fase nanggung, dibilang masih kecil uadah enggak, dibilang dewasa juga masih belum. Ortu sendiri juga bingung gimana harus bersikap benar.

Kalau ditanya apakah kamu sayang sama orang tuamu, pasti kebanyakan kita langsung bilang sayang dong kak, bahkan memuji-muji orang tua kita. Tapi nyatanya melakukan itu gak selalu mudah. Ada banyak hal yang kadang kita mulai berpikir, kenapa orang tuaku begini, kenapa orang tuaku gak seperti orang tua temanku, atau kenapa orang tuaku miskin dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lain, yang kadang gak sesuai dengan apa yang kita mau

Tidak ada seorangpun yang dapat memilih siapa orang tua kita. Kalau bisa pilih sih… enak sekali ya, kita pilih orang tua yang baik, orang tua yang sukses, punya segalanya atau hal-hal lain yang kita inginkan, tapi kenyataannya kita dilahirkan ditempat yang menurut kita tidak sesuai dengan yang kita harapkan, termasuk orang tua kita. Lantas apakah kita mau membenci orang tua kita? Atau jadi pemberontak?  Gak boleh ya.. rekan-rekan youth . Tidak ada orang tua di dunia ini yang sempurna.

Kita bisa melihat teladan dari Tuhan Yesus sendiri,

Dia dilahirkan dikandang betlehem, semiskin-miskinnya kita, tentunya gak ada yang dilahirkan dikandang , ya kan? Kemudian apakah Yusuf dan Maria lebih sempurna dari Yesus ? Tentu saja tidak, beberapa kali dalam Alkitab menunjukkan bahwa orang tua Yesus sering salah memahami Anaknya sendiri. (Lukas 2: 43-52)

Orang tua Yesus hidupnya sederhana, Yusuf hanya menjadi tukang kayu. Apakah Yesus memberontak, atau tidak menghormati orang tuanya? Tentu tidak ya, sampai akhir kehidupan Yesus di bumi, Maria selalu mendampinginya dan hubungan nya baik-baik aja . Dalam Lukas 2:52 dikatakan

Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya  dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia. Yesus pun bertumbuh semakin besar dan semakin bijaksana. Ia juga semakin disukai Allah dan manusia.

Yesus yang sempurna aja tetap menghormati dan mencintai orang tuanya yang gak sempurna.    Bagaimana dengan teman youth? Apakah kalian  juga menghormati & mencintai orang tuamu? miris kalau dengar, hari-hari ini ada anak yang berontak , gak peduli, bahkan benci sama orang tuanya hanya karena mereka ngecewain karena satu dan lain hal. Kita bukan manusia sempurna, ortu kitapun demikian.

Orang Tua kita tidak ada yang sempurna, tetapi perintah Tuhan Sempurna dan jelas menyatakan HORMATILAH ORANG TUAMU

Perintah Tuhan jelas mengatakan Hormatilah (termasuk disini taat dan mencintai , karena gak mungkin hormat tapi benci dan berontak) Orang tuamu.

Disaat saat pandemi dan kesulitan ekonomi yang dialami orang tuamu,  biarlah kalian tetap  menghormati dan lebih mengasihinya.  Kalian juga harus membantu orang tua kalian sebisanya, di saat ini mungkin Orang tuamu menghadapi masalah dalam pekerjaannya karena adanya pandemi virus corona ini. Jangan sampai kalian malah membebani orangtua kalian dengan hal-hal yang bisa menyakiti hatinya ya. Beda pendapat dengan Ortu itu biasa, tapi kalian harus tetap taat  & menghormatinya.

Firman Tuhan hari ini mengajarkan kepada kalian untuk menghormati orang tuamu, adalah perintah yang penting, supaya kalian menjadi orang orang yang berbahagia dan panjang umur di bumi ini.   

Teman-teman youth Elohim yang dikasihi Tuhan , yook  kita belajar mengambil keputusan dan komitmen yang sesuai dengan Firman Tuhan.

Menghormati ortu kita tanpa syarat ya , supaya kita berbahagia dan panjang umur. Dan Tetap mencintai dan taat sama ortu kita meskipun mereka gak sempurna.

RA – AS

PENGUMUMAN …

Buat rekan-rekan youth … jangan lupa nanti sore di chanel youtube Elohim ministry … ada EL-Rei yang akan menemani kalian untuk memahami isu-isu yang banyak anak muda hadapi, dan tentunya kita akan belajar juga dari sudut pandang Firman Tuhan … dan tema kita nanti sore adalah “MAGER”… wih pasti menarik ya, intinya bagaimana kita sebagai anak muda mengatasi kebiasan negative dari “MAGER”

Dan Juga jangan lupa buat Ibadah Online besok jam 07.00 dan Sunday Funday jam 08.15 di chanel youtube yang sama.