Minggu, 05 April 2020

Bacaan Alkitab Matius 21:1-11

Hai, selamat pagi, Adik-adik semua. Selamat hari minggu ya … meskipun kita masih belum bisa berkumpul bersama, kakak senang pagi ini masih bisa menyapa adik-adik dirumah semuanya.

Adik-adik, pernah tidak suatu kali disuruh orang tua, “Tolong, ya, bereskan meja belajarnya atau bereskan tas untuk sekolah”? Ada ngga yang taat melakukannya? Atau ada ngga yang membereskan tetapi tidak semua, cuma asal saja. Siapa yang kalau bereskan tas masih ada buku yang ketinggalan sehingga dihukum bu guru di sekolah? Nah, bagaimana kalau yang memerintahkan adalah Tuhan sendiri, taat atau tidak?

Adik-adik, Tuhan Yesus juga pernah meminta 2 orang murid-Nya untuk melakukan beberapa hal sebelum Tuhan memasuki kota Yerusalem.

Ayo kita baca kisahnya dalam Injil Matius 21:1-11

Adik-adik, apa yang diminta Tuhan Yesus? Tuhan Yesus meminta, dua orang murid-Nya untuk:

  1. Pergi ke kampung hingga menemukan seekor keledai betina tertambat dengan anaknya di dekatnya.
  2. Lepaskan keledai itu dan bawalah kepada-Ku.
  3. Dan jika ada orang yang menegor katakanlah: “Tuhan memerlukannya, la akan segera mengembalikannya”.

Adik-adik, dari kisah ini kedua murid Yesus sungguh-sungguh mendengarkan apa yang diinginkan oleh Tuhan Yesus. Seandainya dua orang murid Yesus tidak mendengarkan dengan baik, jangan- jangan yang mereka bawa keledai yang lain atau para murid jadi bingung harus menjawab apa kalau ada orang yang bertanya. Mungkin Tuhan Yesus tidak jadi naik keledai dan disambut dan dipuji oleh banyak orang. Tetapi tidak demikian, ya, Adik-adik, murid-murid Yesus mendengarkan perintah dengan baik, lalu mereka taat melakukan sesuai perintah.

Akhirnya Tuhan Yesus dapat memasuki Yerusalem dengan menunggangi keledai yang dibawa para murid, sehingga semua tepat seperti yang direncanakan. Orang banyak menyambut kedatangan Yesus dengan sorak-sorai, seperti menyambut seorang raja yang berjalan di atas hamparan pakaian orang-orang.

Nah, Adik-adik, Tuhan mau kita mendengar seperti para murid, persis seperti yang dikatakan, sehingga apa yang dilakukan sesuai dengan kehendak Tuhan. Itu namanya taat dan Tuhan sayang kepada orang yang taat kepada-Nya. Firman Tuhan harus kita dengarkan dengan baik, lalu dilakukan setiap saat.

Bagaimana dengan Adik-adik? Siapa yang kalau diberi perintah, tidak mendengar dengan baik, lalu mengerjakan asal-asalan, disuruh mencari sesuatu bilang tidak ada, padahal belum dicari dengan sungguh-sungguh? Siapa yang kalau mendapatkan tugas yang sangat mendetail yang sebenarnya tidak disukai, akhirnya berusaha untuk mencari jalan pintas untuk menyelesaikan tugas tersebut? Hal ini tidak mencerminkan ketaatan.

Taat dimulai dengan menyimak dengan baik, lalu melakukan persis seperti yang diperintahkan. Barulah ketaatan itu akan membuahkan hasil seperti yang direncanakan. Ayo, belajar mendengar dan taat seperti para murid, agar Tuhan dapat dimuliakan dalam hidup kita.

Ayo kita baca didalam Firman Tuhan

Markus 4:23 Barangsiapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!”

Komitmenku hari ini

Tuhan Yesus aku mau belajar untuk mendengarkan dengan baik setiap perintah dan menaatinya