Renungan Harian Anak, Senin 29 Juni 2020

Yakobus 3:1-12

Selamat pagi adik-adik yang dikasihi Tuhan Yesus, Puji Tuhan pagi ini kita masih dapat bertemu lagi melalui renungan hari ini, adik-adik kira-kira siapa ya diantara adik-adik yang pernah bersyukur karena Tuhan telah menciptakan kita itu begitu lengkap dan sempurna, kita punya kaki untuk berjalan, punya mata untuk melihat punya tangan untuk bekerja punya mulut untuk bicara….

Nah! Setiap anggota badah yang diciptakan Tuhan itu memiliki fungsi yang berbeda-beda dan memiliki tujuan yang baik, salah satunya adalah lidah,Tuhan menciptakan lidah kita dengan maksud supaya kita bisa mengecap dan berucap, Tuhan ingin supaya kita mengucapkan kata-kata dan kalimat  yang baik dan sopan, supaya kita dapat berucap tidak menyakiti orang lain dan berkata jujur,bersaksi kebaikan Tuhan dan memuji muji namaNya. Namun seringkali kita tidak menjaga tutur kata kita dengan baik,sehingga yang keluar dari ucapan kita  adalah kata-kata yang menyakiti hati Tuhan dan hati teman kita sehingga tidak menjadi berkat bagi orang lain.

Hari ini kita diingatkan di dalam surat Yakobus 3:1-13 Agar setiap orang berhati-hati dalam menggunakan lidahnya, supaya kita tidak menyakiti hati Tuhan. Firman Tuhan mengingatkan pentingnya kita menjaga lidah atau  perkataan kita.

Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan perkara-perkara yang besar. Lihatlah, betapapun kecilnya api, ia dapat membakar hutan yang besar. Ayat 3

Adik-adik firman Tuhan mengingatkan betapa pentingnya kita menjaga lidah kita yang kecil ini. Dikatakan lidah itu seperti setir dari sebuah perahu yang besar, walaupun kecil bisa menentukan arah perahu. Kemudian lidah digambarkan seperti “Api”, walaupun kecil ternyata bisa membakar sebuah hutan … wah ngeri ya kalau kita tidak menjaga lidah kita.

Adik-adik banyak orang bertengkar dan saling menyakiti karena tidak menjaga lidahnya, namun sebaliknya kalau kita menggunakan lidah kita dengan baik maka akan ada pujian, ucapan syukur dan hal-hal yang memberkati orang lain.

Yakobus 3:9-10  Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah, dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Hal ini, saudara-saudaraku, tidak boleh demikian terjadi.

Ayo … adik-adik hari ini kita belajar supaya kita memakai lidah kita untuk mengucapkan hal-hal yang indah dan baik, pujian dan perkataan yang jadi berkat. Oleh sebab itu adik-adik kita minta Roh Kudus menjaga lidah kita supaya kita dapat berkata jujur tidak menyakiti orang lain dan menyenangkan hati Tuhan setiap waktu.

Ayo jaga lidah kita semuanya …

AYAT HAFALAN

Mazmur 34:14 ” jagalah lidahmu terhadap yang jahat dan bibirmu Terhadap ucapan-ucapan yang menipu”

Komitmenku hari ini :

Tuhan Yesus aku mau belajar untuk menjaga lidahku dan perkataanku, aku mau belajar memakai lidahku untuk hal-hal yang baik dan menjadi berkat.

YF – KCP