Renungan Harian Youth, Jumat 06 November 2020

Pembacaan Alkitab hari ini ada di:

Mazmur 3:9 . Dari TUHAN datang pertolongan
Kolose 3:23, Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.”
2 Timotius 3:1, Ketahuilah bahwa pada hari hari terakhir akan datang masa yang sukar.

Hallo …. teman-teman Elohim Youth yang dikasihi Tuhan, Bagaimana kabarnya hari ini? Tetap semangat ya, baik baca dan dengarkan renungan, juga belajar secara online nya ya, serta tetap melakukan protokol kesehatan dalam kita menjalankan aktifitas kita.

Tema yang saya bawakan saat ini adalah “ Menghadapi tantangan kehidupan ” Kita tahu bahwa masa-masa ini adalah masa yang sukar, Semakin hari gak semakin mudah, dan itu sesuai dengan pembacaan ayat di atas ( 2 Timotius 3:1)

Meskipun kondisi saat ini sulit, tapi firman nya tetap menjamin kehidupan kita. Apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi tantangan hidup ini,

1. Bersandar sepenuhnya kepada Tuhan dan Firmannya,

Sebab Tuhan adalah penolong kita dan Firman Tuhan yang menuntun dan merupakan jawaban buat setiap tantangan yang kita hadapi. Kita harus mengandalkan Tuhan sepenuhnya, dan mengandalkan orang lain, sebab hanya Tuhan yang bisa menolong kita, dimasa-masa sukar ini, kemudian kita tetap membaca dan merenungkan serta berpegang teguh setiap FirmanNya.

Jangan sampai kita merasa bosan, dan kita menyombongkan diri dengan mengatakan bahwa “ Ah…. firmanNya kok itu-itu aja sih “, atau “ kalau itu sih aku sudah tahu” atau malah bosan dan akhirnya kalian enggak pernah membaca dan merenungkan Firman Tuhan lagi. Sehingga saat pencobaan datang, kalian akan lemah, dan gak siap akan segala tantangan yang terjadi. 

2. Mengembangkan potensi diri kita       

Kita harus terus menggali serta mengambangkan setiap potensi yang dipercayakan kepada kita dengan sungguh-sungguh dan dengan maximal. sehingga kita bisa exist dalam menjalani kehidupan ini.

Dalam Kolose 3 : 23 mengatakan bahwa , “Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.”

Jadi apa saja yang kalian lakukan , lakukanlah itu seperti untuk Tuhan. Termasuk dalam mengembangkan potensi yang ada, kita gunakan secara maximal seperti untuk Tuhan.  Kalau kalian saat ini masih sekolah, sekolahlah sungguh-sungguh, dengan segenap hati seperti untuk Tuhan, kalian harus giat dan sungguh-sungguh belajar, serta bertanggung jawab kepada Tuhan apa yang kalian kerjakan.  Kalau kalian sungguh-sungguh dalam belajar, kalian akan mampu menghadapi kesulitan-kesulitan yang kalian alami di masa yang akan datang.

Untuk belajar tidak ada batas waktu dan tidak ada kata terlambat, kita akan terus belajar sampai kita mati, terus mengembangkan setiap potensi yang ada dalam kehidupan kita. Sehingga kita bisa melewati tantangan-tantangan yang kalian alami, Termasuk kalian terus semangat mempelajari Firman   Saya menjumpai orang yang terus belajar Firman itu adalah orang yang sehat dan kuat, terus bersemangat dengan Tuhan, meski ada persoalan tetapi ia berjalan di atas persoalan.

BAGAIMANA CARANYA?

  1. Lakukan dengan kasih. (1 Korintus 16:14; Matius 25:40-45).
  2. Lakukan dengan kerelaan. (2 Korintus 8:19).
  3. Lakukan untuk kemuliaan-Nya. (1 Korintus 10:31-33).
  4. Lakukan dalam nama Tuhan Yesus sambil mengucap syukur. (Kolose 3:17).
  5. Lakukan dengan setia. (Ulangan 6:3).

Percaya  bahwa setiap tantangan hidup ini bisa  kita atasi bersama  Tuhan Yesus sebab Ia telah menyediakan masa depan dan pengharapan yang pasti.

Jangan bimbang dan ragu, sebab Firman Tuhan itu ya dan amin. Kalian jangan sampai bosan ya dengan renungan Firman setiap hari, sebab itu yang membuat kita kuat didalam Tuhan.

Komitmenku hari ini

Firman Tuhan yang menyegarkan kehidupanku dan membuat aku tetap mempunyai pengharapan baru yang pasti. Dan aku mau terus untuk kembangkan potensi yang ada dalam kehidupanku untuk Tuhan, dan semuanya untuk kemuliaan Tuhan saja. 

Tuhan Yesus memberkati kita semua.

RA – AC