Renungan Harian Anak, Jumat 19 Juni 2020

Ayat Bacaan  : Mazmur 119 : 1- 11

Shaloomm adik – adik semua jumpa lagi ya dalam renungan Elohim kids. Kakak harap adik semua bersama mama, papa dan kakak atau adik semua dalam keadaan sehat hari ini.

Dalam ayat bacaan kita hari ini menjelaskan bahwa kita disebut berbahagia jika menjadi orang yang hidup menurut Taurat Tuhan. Apa itu Taurat Tuhan? Ada yang tahu ? ya… benar Taurat Tuhan adalah Firman Tuhan. Terus bagaimana caranya kita bisa hidup sesuai dengan Firman Tuhan?

Ayooo… kita simak cerita berikut ini:

Sesudah menyampaikan Firman Tuhan, kak Shelly memberikan ayat Firman Tuhan kepada murid – muridnya. “adik – adik, tolong kalian hafalkan ayat ini ya. Minggu depan kak shelly ingin melihat kalau kalian sudah menghafalnya”. Dodi menerima kartu ayat hafalan itu dengan wajah cemberut. “ huh! Ayat hafalan lagi! Kenapa sih aku harus menghafal ayat ? keluh Dodi. Sementara kak shelly membantu anak – anak yang lain menghafalkan ayat, Dodi malah menyelipkan kartu ayat hafalan itu di Alkitabnya. Sepertinya ia tidak mau menghafalkannya. Wah, ini contoh yang tidak baik ya. Tapi bagaimana denganmu? Apakah kamu suka menghafal ayat Firman Tuhan?  Apa sih sebenarnya kegunaan menghafal ayat Firman Tuhan untuk kita ?

Adik – adik, kita menghafalkan ayat-ayat Firman Tuhan karena kita ingin mengingat apa yang dikatakan Allah kepada kita. Waktu kita menghafalkannya, kita menyimpan ayat- ayat Firman Tuhan di dalam hati kita.

Dalam kisah Alkitan pada waktu Tuhan Yesus dicobai oleh Iblis (Lukas 4:1-13), adik-adik tau bagaimana Tuhan Yesus mengalahkan tipuan iblis yaitu dengan FIRMAN TUHAN. Kalau hati dan pikiran adik-adik memiliki Firman Tuhan adik-adik punya senjata untuk melawan iblis juga … contohnya adik-adik sedang takut atau khawatir, kemudian punya firman Tuhan diingatkan bahwa “JANGAN KAMU TAKUT, SEBAB AKU INI ALLAHMU” waah ga jadi takut deh … karena ada TUhan yang menyertai kita.

Firman Tuhan akan menyertai kita waktu kita sedang bermain, waktu kita berenang, atau waktu kita melakukan apa pun. Firman Tuhan akan menyertai kita ke manapun kita pergi. Waktu adik –adik  menghadapi suatu masalah atau situasi yang sulit, Tuhan Yesus akan mengingatkan kita kepada FirmanNya dan apa yang diperintahkanNya untuk di lakukan. Dan menghafalkan ayat Firman Tuhan itu sesungguhnya sangat menyenangkan. Ya, sepanjang hari, waktu kita merenungkan ayat Firman Tuhan tersebut, maka Tuhan Yesus akan menolongmu mengerti apa yang dimaksudkan oleh ayat yang kita hafalkan itu.

Menghafal ayat Firman Tuhan itu penting, ayo kita berusaha menghafalkan ayat Firman Tuhan dengan sukacita dan menyimpannya dalam hati dan pikiran kita.

Ayat hafalan :

Mazmur 119 : 11, Dalam hatiku aku menyimpan janjiMU, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau.

Komitmenku hari ini :

Tuhan Yesus aku mau belajar untuk menghafalkan Firman Tuhan dengan sukacita, supaya Firman-Mu tertanam dalam hatiku dan membimbing aku  

RS – YC