Renungan Harian Anak, Kamis, 23 April 2020

Ayat : Hakim-Hakim 2:6-13

Halo adik-adik semua.. Bagaimana kabarnya hari ini ? Semoga adik-adik dirumah tetap sehat dan tetap semangat ya. Ayo kita siapkan hati kita untuk merenungkan Firman Tuhan hari ini.

Adik-adik kakak mau bertanya ? Siapa yang disini pernah lewat Taman Makam Pahlawan atau yang biasa disingkat TMP? Kira-kira adik-adik tahu atau tidak ya itu tempat apa? Pasti sebagian sudah tahu ya Taman Makam Pahlawan adalah sebuah tempat yang digunakan untuk mengubur para pahlawan kita yang telah gugur. Waah pasti adik-adik bertanya-tanya , berarti itu tempat yang special ya? Iya, itu adalah tempat special yang diberikan kepada para pahlawan untuk menghargai setiap jasa mereka,karena mereka sudah berjuang dengan sangat luar biasa bagi negara kita dan bagi adik-adik semua.

Lalu apa yang seharusnya adik-adik lakukan untuk membalas perjuangan mereka? Adik-adik cukup menjadi anak yang baik saja dan rajin belajar supaya adik-adik bisa berguna bagi negara saat adik-adik dewasa nanti. Itu sudah sangat cukup untuk membalas jasa-jasa para pahlawan kita.

Nah, di dalam bacaan Alkitab kita hari ini, kita juga belajar ada seorang pahlawan yang bernama Yosua. Dengan pimpinan Tuhan, Yosua sudah berjuang hingga akhirnya dia bisa membawa bangsa Israel masuk dan menerima tanah yang dijanjikan Tuhan untuk mereka tinggali. Selama memimpin bangsa Israel untuk masuk ke tanah perjanjian tersebut, Yosua selalu mengajarkan dan mengingatkan bangsa Israel untuk selalu melihat pertolongan Tuhan bagi mereka. Yosua selalu mengajak bangsa Israel untuk selalu hidup menyembah Tuhan saja.

Namun, setelah Yosua meninggal, bangsa Israel melupakan segala yang pernah diajarkan oleh Yosua. Bangsa Israel meninggalkan Tuhan dan berbalik menyembah kepada allah lain dan baal serta menjadi tidak taat lagi. Mereka lupa akan perjuangan dan pengajaran Yosua yang dulu adalah pemimpin mereka. Menurut adik-adik, jika Yosua masih hidup kira-kira bagaimana ya perasaannya? Pasti akan sedih yaa, karena bangsa Israel melupakan perjuangan dan jasa-jasa Yosua. Terlebih Yosua akan sedih karena bangsa Israel meninggalkan Tuhan dan berubah menjadi orang-orang yang jahat di mata Tuhan.

Nah, adik-adik, ayo kita mau membuat Tuhan senang, orang tua kita senang, dan membuat para pahlawan baik yang sudah gugur ataupun yang sedang berjuang , menjadi bangga dengan adik-adik. Lihatlah sekarang, para dokter dan perawat, dan setiap orang yang bekerja di rumah sakit, mereka saat ini sedang berperang melawan virus corona.

Sedangkan adik-adik yang dirumah hanya perlu berdoa untuk mereka, berdoa untuk papa mama yang masih bekerja untuk adik-adik, doakan orang-orang lain di sekitar adik-adik yang sedang berjuang.

Adik-adik belajar yang giat dan jadilah anak yang baik. Maka hal itulah yang adik-adik bisa lakukan untuk membalas jasa para pahlawan. Marilah kita hargai perjuangan mereka semua dengan menjadi anak yang baik dan rajin belajar.

Ayo kita baca Firman Tuhan dalam …

Yakobus 5 : 16
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

Komitmenku hari ini :

Aku mau berdoa untuk setiap orang yang sudah berjuang untuk aku dan untuk negara ini. Aku mau membalas jasa mereka dengan menjadi anak yang baik dan hidup sesuai dengan Firman Tuhan.

GCT – RS