Renungan Harian, Sabtu 29 Agustus 2020

Berbicara mengeni SIKAP hati adalah tentang CARA PANDANG terhadap SESUATU dan Sikap akan menentukan bagaimana kita memperlakukan sesuatu, karena itu sikap hati bersifat pribadi dan bergantung kepada pilihan (secara subyektif). Pilihan untuk bersikap positif atau negatif.

~ karena itulah KEPUTUSAN HIDUP KITA DITENTUKAN OLEH SIKAP KITA.

Efesus 4:22-24, Maka buanglah SIFAT LAMA yang jahat itu, ~ yang menjadi sekutu Saudara dalam melakukan hal-hal yang jahat, yang sama sekali busuk, penuh dengan hawa nafsu dan tipu daya, Sekarang semua SIKAP dan PIKIRAN SAUDARA harus selalu menjadi makin baik, Ya, Saudara harus menjadi MANUSIA BARU, ~ yang baik dan kudus.

Kenakanlah sifat yang baru itu

Ayat 23 ~ adalah jembatan antara manusia lama (ayat 22) dan manusia baru (ayat 24)  cara mengenakan Manusia Baru adalaha dengan prinsip ~  putting of (menanggalkan)

Dan ~ putting on ( mengenakan) , adalah mengubah SIKAP kita dan PIKIRAN kita. Sikap kita akan menentukan KUALITAS dalam segala aspek kehidupan.

Sadarilah bahwa seringkali Masalah kita bukan masalah yang ada tetapi … sikap atau cara pandang kita dan respon terhadap masalah itulah masalah kita

BAGAIMANA SIKAP dan pIkiran KITA TERBENTUK ?

a. Pengamatan.

Melihat dan meniru … awasi apa yang kita lakukan karena ada orang-orang yang mengamati kita, dan juga awasi apa yang kita amati yang akan kita ikuti.

b. Kebiasaan.

Kebiasaan adalah pola yang diulang-ulang akan menghasilkan kebiasaan. Karena itu sangat sulit untuk dapat mengubah sebuah sikap dan kebiasaan, tetapi didalam Tuhan tetap ada perubahan kehidupan.

BAGAIMANA MENGUBAH SIKAP?

~  putting of (menanggalkan) manusia lama dan sifat lama (Efs. 4:24, FAYH) dan
~ putting on ( mengenakan) manusia yang baru dalam Tuhan (ay. 23, FAYH)

Yohanes 16:33 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia.”

Aku telah memberitahukan kepada kalian segala hal ini agar kalian mendapat sejahtera di dalam HATI DAN PIKIRAN (Yoh. 16:33a, FAYH)
Ditengah realitas yang terjadi dalam kehidupan kita … Di dalam dunia ini kalian akan mengalami banyak penderitaan dan kesusahan;
Tetapi BERGEMBIRALAH, karena Aku telah mengalahkan dunia ini (Yoh. 16:33c, FAYH)

Kuatkanlah hatimu (Bergembiralah) adalah sebuah sikap dan keputusan, karena sebuah alasan yang kuat Karena ~ Tuhan Yesus sudah mengalahkan dunia (Ada waktunya nanti kita akan terlepas dari penderitaan dan kesusahan)

Ungkapan bergembiralah atau kuatkanlah hatimu adalah sebuah sikap untuk menanggalkan pikiran manusia lama namun mengenakan pola pikir yang baru bahwa ada sukacita dan pengharapan didalam Kristus yang telah mengalahkan dunia.

Mengenakan Pola pikiran bahwa setiap kesuliatan yang terjadi membentuk kehidupan kita semakin dewasa didalam Tuhan.

Ambilah keputusan untuk mau menanggalkan segala hal dalam tabiat manusia lama dan kenakanlah manusia yang diperbaharui oleh Firman Tuhan.

Selamat akhir pekan kiranya pertolongan Tuhan menyertai kita semuanya…

Sampai jumpa dalam Ibadah Online besok di chanel youtube ; Elohim ministry, nikmatilah hadirat Tuhan Bersama keluarga dan rumah kita masing-masing.

ST