Senin, 06 April 2020

Bacaan : Yakobus 1:2-8

Syalom selamat pagi, rekan-rekan Elohim Youth …

Saat ini mendaki gunung merupakan aktivitas yang digemari oleh banyak orang, terutama di kalangan anak muda.  Banyak hal yang harus diupayakan dan dikorbankan dalam proses mendaki gunung ini. Karena itu bisa dikatakan bahwa

“untuk mencapai puncak gunung yang indah diperlukan yang namanya suatu proses.”

Mencapai puncak gunung adalah salah satu tujuan dari pendakian gunung, namun untuk mencapai puncak itu tidaklah mudah. Bayangkan, kita harus membawa beban yang berat, perlu mengatur nafas dan langkah agar tidak mudah lelah, lalu berjalan di tempat yang menanjak dan terkadang juga harus berjalan di bawah sengat matahari serta menahan dinginnya suhu di gunung. Proses perjalanan pendakian pun tidak sebentar, minimal memakan waktu 3 jam perjalanan, bahkan ada yang sampai berhari-hari.

Namun semua rasa lelah itu akan terbayar lunas ketika kita telah sampai di puncak gunung.

Dipuncak gunung inilah kita dapat melihat pemandangan yang Tuhan ciptakan dengan sangat indah, kita berdiri diatas awan-awan, melihat matahari terbit atau terbenam, melihat gugusan pegunungan dan bahkan kita dapat melihat gugusan bintang-bintang diatas langit waktu dimalam hari.

Hal indah itu bisa dicapai, ketika kita bersabar menjalani proses pendakian yang ada.

Begitu juga dengan Kehidupan kita, mungkin saat ini kita sedang dalam proses kehidupan yang berat, banyak tekanan hidup atau pencobaan yang Tuhan ijinkan hadir dalam kehidupan kita. Bahkan banyak perencanaan-perencaan yang kita buat itu gagal atau tidak sesuai dengan ekspetasi atau keinginan kita.

Namun tenang teman-teman semua, Kitab Yakobus 1:2-4 mengatakan,

“Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apa pun.

Kitab Yakobus memberi petunjuk, bahwa melalui pencobaan hidup yang Tuhan ijinkan dalam kehidupan kita, itu sebagai sarana untuk menguji iman kita dan mendewasakan kerohanian kita. Tuhan bakal membentuk kehidupan kita menjadi indah melalui pencobaan-pencobaan yang ada, tentunya indah sesuai dengan maksud dan rencana-Nya Tuhan.

Kunci daripada untuk mencapai kehidupan yang indah yang Tuhan siapkan adalah dengan tekun dan sabar menjalani proses. Bahkan manusia terpintar yang pernah hidup di dunia ini mengatakan dalam Pengkotbah 3 ayat 11, bahwa

“Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya”

Ingat teman-teman jika proses kehidupanmu saat ini berat, jangan pernah menyerah, tetap melangkah, serta jalani proses kehidupan itu dengan penuh kesabaran, dan tentunya wajib untuk mengandalkan Tuhan. Percayalah bahwa diakhir proses kehidupan yang berat itu, kita akan memperoleh sesuatu yang indah daripada Tuhan.

“Proses kehidupan itu memang berat di awal, namun jika kita menjalaninya bersama dengan Tuhan, akhirnya semua itu akan menjadi sangat indah .”

Komitmen kita hari ini

Tuhan Yesus ajari aku dan mampukan aku untuk dapat menjalani semua proses yang ada dalam hidupku

Tuhan Yesus memberkati dan selamat menjalani proses kehidupan yang indah daripada Tuhan 😇