Renungan Harian, Rabu 26 Januari 2021

Bacaan: Habakuk 3:1-19

Ditengah situasi Pandemi ini, kita sering mendengar salah satu anjuran untuk kita meningkatkan Imun agar tidak mudah terserang penyakit. Berbagai cara bisa dilakukan untuk meningkatkan imun, melalui minum vitamin, pola makan yang baik, istirahat yang cukup, olahraga, dan lain sebagainya. Namun sebagai orang percaya, ada hal lain yang perlu kita tingkatkan… yaitu IMAN.

Keadaan yang sulit dapat membuat kita menjadi lemah. Bahkan tidak jarang anak-anak Tuhan semakin jauh dari Tuhan karena keadaan yang sulit. Hal ini yang dialami orang Yehuda pada jaman nabi Habakuk. Bahkan nabi Habakuk sendiri nyaris menjadi lemah dan terseret dalam kehancuran iman.

Dalam keadaan yang sulit kita masih dapat memperoleh KEKUATAN. Kekuatan kita peroleh melalui pertumbuhan Iman yang baik di dalam Tuhan.

Bagaimana kita dapat meningkatkan IMAN kita ?

1. Perbanyak mendengar Tuhan (1-3)

Kekuatan dapat kita peroleh melalui pertumbuhan iman yang kita dapatkan jika kita lebih banyak mendengar TUHAN. Habakuk lebih banyak mendengar TUHAN daripada mendengar keadaan yang sangat sulit (ay.2 bdg Pasal 1-2). Mendengar Tuhan Yang Mahakudus yang memberi pertolongan (ay.3). Banyak orang Kristen lebih banyak mendengar media (tv, radio, internet) apa kata orang (isu, gosip, filsafat), yg lebih cendrung melemahkan iman. Jika kita ingin memperoleh pertumbuhan iman, kita harus lebih banyak mendengar Tuhan; melalui BERDOA dan Firman Tuhan)

2. Lebih banyak melihat Tuhan (4-16)

Kekuatan kita peroleh melalui pertumbuhan iman yang kita dapatkan jika kita lebih banyak melihat Tuhan.

Melihat kemuliaan Tuhan (ay.4-6)
Melihat keadilan Tuhan (ay.7-8, 12-16)
Melihat Keajaiban Tuhan (ay.9-11)

Banyak orang Kristen lebih banyak melihat hal-hal duniawi daripada melihat Tuhan. Jika kita ingin memiliki pertumbuhan iman maka kita harus lebih banyak melihat Tuhan.

3. Semakin banyak memperkatakan Tuhan (17-19)

Kekuatan kita peroleh melalui pertumbuhan iman yang kita dapatkan jika kita lebih banyak mengakui Tuhan. Nabi Habakuk sampai pada pertumbuhan iman yang paling dasyat. Sekalipun ladang-ladang gagal (ay.17a), sekalipun ternak gagal (ay.17b), Meskipun keadaan semakin sulit, namun dia tetap memuliakan TUHAN (ay.18-19). Kita harus lebih banyak memperkatakan Tuhan dalam kehidupan kita agar iman kita semakin bertumbuh.

Tingkatkanlah IMAN kita agar kita selalu memperoleh kekuatan dalam keadaan apapun.

Tuhan Yesus memberkati dan Menyertai kita semuanya

CM