Renungan Harian, Jumat 12 Juni 2020

Minggu lalu kita merenungkan bersama mengenai “Membangun Pengharapan” Hari ini kita akan bersama merenungkan bagaimana sebagai anak-anak Tuhan kita harus meningkatkan Pengharapan kita setiap hari. Mengapa hal ini penting, kerena musuh dan dunia ini dengan segala tipu daya dan masalah yang ada berusaha untuk mengikis Iman dan Pengharapan anak-anak Tuhan, sehingga mengalihkan pengharapan didalam Tuhan kepada kekhawatiran dalam dunia ini.

LANGKAH PRAKTIS MENINGKATKAN PENGHARAPAN

1. MULAILAH SETIAP HARI DENGAN IMAN, BUKAN KERAGUAN.

Mazmur 5:4 TUHAN, pada waktu pagi Engkau mendengar seruanku, pada waktu pagi aku mengatur persembahan bagi-Mu, dan aku menunggu-nunggu  (dengan penuh harap).

Awali hari kita dengan hal yang positif – membawa kehidupan kita dihadapan Allah. “menengadah” BIS: “kunantikan jawabanmu ya Tuhan

Faktanya adalah, Tuhan berkata

mulailah hari Anda dengan iman, bukan keraguan. Mulailah dengan harapan besar. Hari ini akan menjadi hari yang luar biasa! Ini adalah hari yang Tuhan buat, aku akan bersukacita dan senang.”  

Jadi, jika Anda ingin mengembangkan kepribadian yang lebih positif, mulailah hari dengan Tuhan. Mulailah dengan berita baik, bukan dengan berita buruk. Renungkan dan Hafalkan sebuah janji Firman Tuhan. Berbicaralah kepada Tuhan sebelum memulai hari Anda. Mulailah dengan input positif ke dalam hidup Anda dan yang menentukan sisa hari Anda.

Karena itulah mari mendisiplin kehidupan kita untuk mengawali hari-hari kita bersama dengan Tuhan berdoa dan merenungkan Firman Tuhan.

2. LIHAT APA YANG BAIK PADA SEMUA ORANG DAN SEGALA HAL

Roma 8:28 Kita tahu bahwa Allah mengatur segala hal, sehingga menghasilkan yang baik untuk orang-orang yang mengasihi Dia dan yang dipanggil-Nya sesuai dengan rencana-Nya (BIS)

Apakah itu tidak realistis? Bukan tidak realistis tetapi melihat segala sesuatu melalui mata Tuhan! memandang dengan mata kita sendiri akan membawa kita untuk memandang semuanya dengan kekuatan kita sendiri dan ketika kita menggunakan kekuatan kita sendiri maka kita akan jauh dari berpengharapan kepada Tuhan.

Kiranya Roh Kudus selalu menuntun kita dan memberikan Hikmat bagi kita semuanya untuk bisa melakukan apa yang benar sesuai dengan kehendak Tuhan

3. JAGA PERKATAAN KITA

Efesus 4:29 Kalau kalian berbicara, janganlah memakai kata-kata yang kotor. Pakai sajalah kata-kata yang membina dan memberi pertolongan kepada orang lain. Kata-kata seperti itu akan mendatangkan kebaikan kepada orang-orang yang mendengarnya (BIS).

Apa yang kita katakan sangat berpengaruh … apakah itu akan membawa pengharapan atau sebaliknya mematikan pengharapan kita … Pengharapan selalu melahirkan ungkapan-ungkapan yang positif dari mulut kita mengenai kehidupan kita.

Pengharapan dalam kehidupan kita harus semakin bertumbuh dan kuat ditengah situasi dunia yang tidak pasti … PENGHARAPAN adalah SAUH yang KUAT yang akan menjaga kehidupan kita.

Ibrani 6:19  Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita, yang telah dilabuhkan sampai ke belakang tabir,

Tuhan Yesus Memberkati

ST