Renungan Harian, 30 Mei 2020

Kisah Rasul 1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Apakah tujuan dari baptisan Roh Kudus dalam kehidupan kita – ada banyak pendapat anak-anak Tuhan yang tidak sesuai dengan Firman Allah. Pada ayat diatas tujuan pencurahan Roh Kudus adalah untuk memberikan KUASA sehingga kita menjadi SAKSINYA TUHAN. – inilah tujuan utama dari karya Roh Kudus à menjadi saksi Kristus, meneruskan misi dari Kristus sendiri yaitu membawa jiwa-jiwa kepada Kristus.

Selama Tuhan memberikan kehidupan bagi kita adalah kesempatan dan waktu untuk kita menjadi saksi-Nya.

Tuhan Yesus sangat mengerti “untuk menjadi saksi” bukanlah perkara yang mudah, karena itulah Dia memberikan Roh Kudus bagi kehidupan kita.

Bagaimana pekerjaan Roh Kudus untuk kita menjadi saksi yang berhasil ?

1). Roh Kudus memberikan kepada kita keberanian untuk menjadi saksi-Nya.

II Timotius 1:7-8 –Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban. Jadi janganlah malu bersaksi tentang Tuhan

Kisah Rasul 4:5-13, Roh Kudus memberikan keberanian bagi Petrus dan Yohanes untuk bersaksi mengenai Kristus.

Roh Kudus juga memberikan otoritas dalam pemberitaan Firman Allah, keberanian itu bukanlah tindakan nekat tetapi ada otoritas kebenaran yang dikerjakan oleh Roh Kudus

2). Roh Kudus memberikan tuntunan dalam pemberitaan Firman Allah

Kisah Rasul 16:6-10. Roh Kudus memberikan tuntunan yang nyata bagi pemberitaan Injil. Dari cara dan metode penginjilan yang perlu dilakukan.

Selalu ada tuntunan dari Roh kudus, seperti yang disampaikan oleh Tuhan Yesus mengenai peran Roh Kudus bagi kehidupan setiap orang percaya yaitu “Menuntun kepada segala kebenaran”

Yohanes 16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran;

3). Roh Kudus memberikan perubahan dalam kehidupan kita.

Yohanes 16:13-14. Roh Kudus membawa kehidupan kita dalam kebenaran dan perubahan kehidupan. ~ perubahan kehidupan adalah tanda kehidupan yang dituntun oleh Roh Kudus. Roh Kudus akan membawa kita kepada perubahan dan pertumbuhan Rohani memiliki kehidupan yang berbuah, tujuan perubahan kehidupan kita adalah bisa memuliakan Bapa kita yang ada di Sorga.

Matius 5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”

Kiranya kita semakin memiliki hati yang terus mau dipenuhi dan terbuka dengan tuntunan dan dorongan Roh Kudus dalam kehidupan kita. Ijinkan Pribadi Roh Kudus menyatakan pribadiNya dalam kehidupan kita masing-masing pribadi

EB