“Niatan hati yang baik & tulus, pasti ada berkatnya”

Renungan Harian Anak, Rabu 15 Juli 2020

Bacaan Yohanes 6:1-15

Hallo adik-adik berjumpa kembali direnungan pagi, sudah siap…mendengarkan? Pagi ini kakak teringat kisah seorang anak laki-laki, yang bernama: Jojo.

Suatu hari Jojo sedang duduk di stasiun kereta api, karena ibunya berjualan di stasiun itu…jadi Jojo sering ikut ibunya. Sedang asiknya dia melihat kereta api yang sedang berangkat, tiba-tiba seorang anak laki-laki berlari-lari naik keatas kereta api yang sudah mulai berjalan perlahan.
Karena terburu-buru sebelah sepatu anak tersebut terlepas, melihat itu Jojo cepat-cepat mengambilnya dan berlari-lari untuk memberikan sepatu itu. Sekuat tenaga Jojo mengejar kereta api yang mulai berjalan cepat, dan melempar kearah anak laki-laki itu berusaha menangkapnya tetapi tidak sampai. Merasa sia-sia kalau sepatunya tinggal sebelah, akhirnya anak laki-laik tersebut melemparkan sepatu yang sebelah lagi.
Dia melempar kearah Jojo sambil berteriak: buat kamu aja sepatunya, Jojo mengambil sepasang sepatu itu. Sambil berjalan pulang Jojo merenungkan niat baiknya untuk mengembalikan sepatu anak laki-laki yang sama sekali tidak dikenalnya….,e… malah akhirnya dia dapat sepatu yang bagus. Jojo tidak pernah membayangkan punya sepatu yang bagus seperti itu..terlalu mahal harganya!

Nah…adik-adik setiap niat hati yang baik, menolong orang dengan tulus…Tuhan pasti memberkati.

Didalam kitab Yohanes 6:1-15, nanti bisa minta dibacakan ya…disitu diceritakan seorang anak yang rela memberikan bekalnya 5 roti dan 2 ikan. Anak kecil itu tidak berpikir ….lah…saya nanti makan apa, bekalnya cumin itu aja. Pasti saya nanti kelaparan? Anak kecil itu memberikan dnegan tulus, dan Tuhan Yesus memberkati…sehingga 5 roti dan 2 ikan tadi bisa buat makan berapa orang? Masih ingat ceritanya? Iya betul adik-adik buat lima ribu orang laki-laki, dan bahkan masih sisa 12 keranjang penuh. Bagaimana dengan anak kecil tadi? Apa dia masih bisa menikmati 5 roti dan 2 ikannya tadi? Wah.. mungkin dia bisa makan lebih dari 5 roti ya…,karena didalam alkitab diceritakan semua orang makan sekenyang-kenyangnya.

Luar biasa ya … Tuhan kita,

Jadi ingat ya…adik-adik berbuat baik harus tulus tidak minta balasan, dan tidak perlu orang lain tahu. Sebab kalua kita baca didalam kitab Matius 6:3, Tuhan mau kalian kita memberi dengan tangan kanan…tangan kiri nggak perlu tahu! Mmmm Artinya apa ya ??? perbuatan baik kita harus dilakukan dengan ketulusan nggak perlu dipamerkan…nanti kita kehilangan berkat Tuhan.

Ayo sekarang adik-adik semua mau belajar ya, kalau diminta tolong sama papa atau mama harus dengan tulus ya, dengan sukacita atau kalau adik-adik menolong orang lain ga perlu pamer-pamer supaya dapat pujian, tetapi lakukanlah semua dengan ketulusan hati … percayalah Tuhan yang akan memberkati ketulusan hati adik-adik semua.

Ayat hafalan:

Lukas 6:36, “Hendakilah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati”

Komitmen kita hari ini.

Tuhan Yesus saya mau selalu berbuat baik, menolong orang lain dengan hati yang tulus…seperti engkau yang selalu menolong dan mengasihi saya dan keluarga saya.

SD – GCT