Jangan_galau_berdoa_saja

Renungan Harian Youth, Selasa 11 Agustus 2020

Hello rekan-rekan youth yang salalu saya harapkan dalam keadaan baik, sehat dan tetap semangat ya…

“Galau adalah hal yang wajar.”

Hmmm Hai gaes, gimana menurut kalian tentang pernyataan itu? Apakah di zaman sekarang galau itu sah-sah aja dan wajar? Kalau kita banyak melihat sekarang ini sih ya, mungkin hampir semua orang pernah ngerasain yang namanya galau.

Apa sih galau itu? Kalau dilihat di KBBI nih, galau itu artinya pikiran yang kacau. Tetapi, kadang sekarang banyak banget remaja atau mungkin temen-temen di sosmed kalian yang banyak update status galau. Dikit-dikit galau, bahkan lagi bingung pun yang ditulis “galau nih”. Jadinya, makna galau itu pun berkembang, nggak hanya soal pikiran yang kacau, tapi juga bisa bingung, nggak tenang, gelisah, sedih, atau mungkin putus asa.

Nah kenapa sih galau bisa mendatangi kita?

Well, itu bisa jadi adalah kerjaannya iblis gaes. Kenapa? Karena dia nggak mau kita tetep percaya sama Tuhan. Saat kita mulai merasa galau, otomatis kita akan kehilangan kepercayaan sama Tuhan. Padahal, Tuhan pernah bilang sama kita

“Janganlah gelisah hatimu, percayalah kepada Allah, percayalah juga kepadaKu” (Yohanes 14:1)

Yohanes 14:27 Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

But, faktanya banyak banget remaja atau pemuda sekarang yang lupa ayat ini akhirnya banyak yang gelisah atau galau dan yang dilakukan adalah update status. Walaupun faktanya  update status nggak akan nyelesein masalah atau ngehilangin perasaan galau kalian. Ya kan?

So, gimana sih caranya kita kalau sekarang kita lagi diintimidasi iblis buat merasa galau atau gelisah?

Kuncinya cuma percaya, tapi apa dong yang bisa kita lakuin? Gimana aksinya?

Lakukan TBK!

Apa itu TBK?

1. Tutup mata buat berdoa (bukan buat bubuk cantik ya)
2. Bicara sama Tuhan tentang masalahmu dan minta pertolongan Tuhan.
3. Katakan dengan iman bahwa kalian tenang, bahwa kalian sudah ditolong Tuhan, bahwa kalian sudah diberi damai sejahtera dari Tuhan karena sesungguhnya Dia sudah memberikan damai sejahtera untuk kita semua

Filipi 4:7 Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

So? Gimana Ges? Masih mau jadi galau-galau klub nggak nih? Kalau aku sih NO, walaupun susah jalaninya. But, yuk sama-sama belajar TBK.

Jadi anak Tuhan, ayo lakukan Firman … dari pada waktu galau Cuma update status, mendingan datang kepada Tuhan, dalam doa dan percayalah selalu ada jawaban dalam doa … walaupun masalahmu belum selesai, yang pasti hatimu akan menerima ketenangan dan sejahtera dari Tuhan.

Komitmenku hari ini:

Aku mau saat aku merasa gelisah, aku akan TBK! Tutup Mata dan berdoa, Bicara kepada Tuhan, dan Katakan dengan Iman bahwa Tuhan yang menguatkanku

GE – MLE