Renungan Youth, 22 April 2020

Bahan Bacaan : Amsal 16:24

Perkataan yang menyenangkan adalah seperti sarang madu, manis bagi hati dan obat bagi tulang-tulang.”

Shalom… selamat pagi rekan-rekan remaja Elohim yang dikasihi Tuhan.

Teman-teman… Siapa yang tahu obat ampuh alami yang banyak digunakan orang setiap hari? Tahukah kamu,…madu merupakan jenis obat ampuh yang alami dan banyak manfaatnya.  Ya…. madu itu selain rasa manisnya yang khas, juga mempunyai banyak sekali manfaat, misalnya menguatkan imun tubuh, sumber energi bagi tubuh, mencegah diabetes, mencegah kanker, mengobati luka dan lain-lainnya.  Dari sini dapat kita lihat, bahwa madu mempunyai banyak manfaat.

Tahukah teman-teman, dalam firman Tuhan

perkataan yang menyenangkan itu seperti sarang madu.

Sarang madu disini berarti madu yang asli atau yang murni. Bukan madu palsu. Manis bagi hati, dan obat bagi tulang-tulang. Banyak orang  yang mendapatkan kekuatan dan dibangkitkan semangat hidupnya, karena mendengarkan perkataan yang menyenangkan dari seseorang. Sebaliknya, ada pula yang menjadi terluka, hancur, frustasi, bahkan putus asa karena terbunuh perasaannya oleh perkataan yang menyakitkan yang disampaikan oleh orang lain. Perkataan yang buruk akan menciptakan pertikaian, menghancurkan reputasi, dan melukai hati. Bahkan perlahan-lahan akan dapat menghancurkan hidup orang lain. Sedangkan perkataan yang baik, dan yang menyenangkan akan membawa sukacita, membuat orang lain merasa dihargai, dan dikasihi, sehingga dapt memacu diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Dr. Masaru Emoto, seorang ilmuwan dari Jepang, selama bertahun-tahun melakukan suatu riset atau eksperimen terhadap air. Hasil penelitian ini kemudian ia publikasikan dalam bukunya yang berjudul “The Hidden Messages in Water”. Dalam buku tersebut, ia menjelaskan bahwa ternyata air dapat menyerap, menyimpan dan bereaksi terhadap emosi manusia yang dipaparkan terhadapnya. Air yang kepadanya diucapkan perkataan yang baik, kata-kata pujian atau suara musik yang indah, maka kristal-kristal molekul airnya ke ka dilihat dengan mikroskop elektron akan menunjukkan suatu konfigurasi yang indah dan menakjubkan. Sebaliknya, air yang kepadanya diekspos perkataan yang tidak baik, kata-kata yang berisi ekspresi ujaran kebencian atau suara musik yang gaduh dan hingar-bingar, maka kristal-kristal molekulnya akan bereaksi dengan menampilkan kon gurasi yang berantakan, buruk, bahkan menakutkan. 

Dr. Masaru Emoto

Firman Tuhan didalam Efesus 4:29, mengatakan,

”Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, dimana perlu, supaya mereka yang mendengar, beroleh kasih karunia.”

Jadi teman-teman komitmen kita hari ini :

Marilah kita gunakan perkataan-perkataan kita untuk membangun, memberikan semangat, dan menjadi obat yang ampuh bagi orang-orang disekitar kita, agar hidup kita beroleh berkat dan menjadi berkat dimanapun kita berada. Amin.

MW – MLE