Renungan Harian Senin, 15 Juni 2020

DALAM PELAYANAN RAJA

1 Taw. 26:30b…. Dalam segala pelayanan untuk Tuhan dan untuk melayani sang Raja (For all the bussines of the Lord/in the bussines of the Lord and  in the service of the King)    

Beberapa abad yang lampau orang-orang di Inggris menerima surat melalui pos dengan 4 huruf besar yang  tercetak pada sudut enpelop : 
O H M S (On His Majesty Service) ~ Dalam pelayanan Raja.  Sebenarnya 4 huruf  besar itu harus tercetak pada setiap kehidupan orang Keristen. Sebab Yesus telah mati, bangkit dan menjadi Raja kita. Kita yang memiliki Dia sebagai Juruselamat dan Raja, kita seharusnya ada didalam pelayanan Raja.

Pelayanan kita kepada Tuhan adalah sebuah KEPERCAYAAN yang TUHAN Berikan

1 Petrus 4:10 Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah.   ~ Melayani Tuhan adalah bentuk tanggung jawab kita kepada Tuhan.

I Korintus 4:1-2 Demikianlah hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah. Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.

Tuhan Yesus banyak memberikan pengajaran dan perumpamaan – mengenai KESETIAAN dan BERTANGGUNG JAWAB
Lukas 19:13; Matius 25

Pada akhir kehidupan kita kelak, kita akan mempertanggung jawabkan setiap anugerah yang sudah Tuhan berikan ada 2 pilihan yang ada yaitu menjadi Hamba yang Baik dan Setia

Kisah Cripple Tom
Tom yang lumpuh, kamarnya menghadap jendela dan setiap hari dia menulis ayat dalam kertas menggulungnya dan melemparkannya keluar. Suatu saat ada seseorang yang membaca gulungan kertas yang dilemparkan Tom. Dan dia menjumpai Tom yang ada dilantai tiga Gedung itu dan  bertanya mengapa dia melakukannya ? Tom berkata: Tuhan Yesus adalah Juruselamat dan sahabat saya. Mengenal dia berarti mengasihi Dia den mengasihi Dia berarti melayani Dia. Tidak mungkin kita dapat mengasihi  Yesus tanpa melayani  Dia.   Bapak itu mencucurkan air mata dan sejak hari itu ia menerima Yesus dan menjadi sahabat Tom serta melakukan banyak hal untuk menolong Tom melayani Tuhan.

Roma 12:11Janganlah hendaknya kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala nyala dan layanilah Tuhan. 

Pekerjaan Tuhan merupakan suatu pekerjaan/proyek yang berjalan terus – sebab dimulai oleh Allah sendiri.  Tanpa kita atau dengan kita pekerjaan Tuhan akan berjalan terus. Layanilah Tuhan dengan kehidupan kita.

Filipi  1:6 Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.

Kita harus menyingkirkan pemikiran yang salah, bahwa kita ada dalam pelayanan Raja hanya bila kita ada didalam aktivitas rohni yang khusus. Tetapi seharusnya kita memakai uniform/ seragam  pelayanan Raja setiapa menit – setiap waktu kita adalah sebagai pelayan Tuhan.

1 Korintus 3:9 Karena kamu adalah kawan sekerja Allah.

Karena itulah panggilan dalam kehidupan untuk melayani Tuhan dengan apa yang sudah Tuhan Anugerahkan dalam kehidupan kita.

1 Korintus 15:58, Karena itu saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh – jangan goyah – dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan!  Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia.

Setiap kita dipanggil untuk menjadi pelayan Tuhan, dimanapun kita berada disanalah mimbar pelayanan kita

… didalam keluarga, sekolah, tempat bekerja disanalah kita melayani Tuhan … percayalah akan janji Tuhan bahwa

Amsal 28:20 Orang yang dapat dipercaya (SETIA) mendapat banyak berkat,
Wahyu 2:10 Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.

Kiranya renungan hari ini dapat mengingatkan setiap jemaat yang ada untuk tetap setia menjadi para pelayan Tuhan yang memuliakan Tuhan dimanapun kita berada.

FJD