Renungan harian Anak, Sabtu 19 Desember 2020

Adik-adik ada cuplikan sebuah film berjudul “Cast Away” Ada seorang pria yang terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni, karena pesawat yang ditumpanginya mengalami kecelakaan. Selama bertahun-tahun ia hidup seorang diri, dan karena tidak ada seorang pun untuk diajak bicara, akhirnya ia menjadi sangat kesepian. Pada suatu saat, ia merasa begitu kesepian dan sedih, karena sudah terlalu lama ia hidup seorang diri. Saat itu juga, ia kebetulan menemukan sebuah bola volley yang terhanyut di pinggir pantai. Kemudian, ia mengambil bola itu, mencoret-coret di atasnya, ia menggambar mata, hidung, mulut, telinga, agar menyerupai wajah orang dewasa. Lalu ia mendandani bola itu agar tampak seperti manusia. Sekarang, apabila ia merasa kesepian dan ingin berbicara, maka ia bisa berbicara dengan teman barunya itu.

Pernah ga kalian bosen karena ga punya teman … wah kita semua mengalami ya, apalagi dimusim pandemic ini kita semua harus sering dirumah dan kebanyakan kita akhirnya ga punya teman dan kita pasti bosen betul kan? Kita sudang kangen untuk bermain bersama mereka, tapi kita harus sabar semuanya ya, tetap jaga kesehatan dan keamanan diri kita semuanya.

Adik-adik di taman Eden,  Waktu itu Adam mulai berpikir dan membandingkan, ia lihat binatang hutan, berkumpul dengan binatang hutan. Binatang laut, bermain bersama binatang laut. Semut-semut berbicara dengan bahasa mereka. Dengan antene- nya mereka dapat mengatakan sesuatu yang tidak dipahami. Dengan jejak kaki dan cairan khusus yang mereka miliki, mereka juga bisa memberikan pesan pada temannya. Tetapi bagaimana dengan Adam sendiri? Siapa yang dapat memahaminya dan dapat bertukar pikiran dengannya? Kalau Adik-adik berada di taman itu seperti Adam, apa yang Adik-adik akan lakukan?

Tetapi waktu itu, apa yang Adam lakukan? Bisa jadi ia bicara pada Tuhan, “Tuhan, saya minta teman!” Tetapi Alkitab tidak menceritakan hal itu. Rupanya Tuhan maha tahu, la mengetahui pikiran bahkan kebutuhan Adam yang mendasar, dan akhirnya berkata, “Tidak baik, kalau manusia itu sendirian. Aku, Tuhan, akan menjadikan penolong baginya yang sepadan dengan dia.”

Adik-adik, Tuhan mengerti bahwa manusia akan kesepian bila seorang diri, oleh karena itu la menciptakan teman bagi Adam. Tuhan juga mengerti kalau Adik-adik pasti akan kesepian tanpa teman. Itu sebabnya Tuhan menyiapkan teman untuk Adik-adik, la juga membuat agar kita bisa berteman, la memberi kita perasaan agar kita bisa menyatakan sayang, memberi kita pikiran agar kita bisa merencanakan hal-hal baik yang bisa kita lakukan bersama teman kita, la memberikan talenta/kemampuan agar kita bisa melengkapi atau menolong teman kita. Itu sebabnya jangan sampai kita membedakan teman kita dengan sebutan ’nakal-baik’, ’pintar-bodoh’, ’Cantik-jelek’. Belajarlah untuk menghargai teman kita sebagaimana ia ada, karena tiap orang diciptakan secara istimewa.

Adik-adik di Alkitab juga ada cerita tentang rasul Paulus yang dipenjara karena memberitakan Injil. Nah, saat dianggap sebagai tawanan yang berbahaya dan bisa dihukum mati, ia rupanya beberapa kali pernah dikunjungi oleh seorang teman, namanya Onesiforus, Onesimus, Titikus dll. Wah nama yang jarang kita dengar ya … namun Kata Paulus, ia teman yang baik, yang peduli kepada Rasul Paulus.

Ayo, belajar berterima kasih sekalipun berada dalam situasi yang sulit, karena Tuhan itu baik dan Tuhan akan memberikan pertolongan-Nya lewat banyak orang yang membantu kita, lewat orang yang bekerja di rumah kita, lewat guru kita, dan terlebih lagi lewat saudara dan orang tua kita. Kita tidak dipenjara seperti Paulus, kita orang-orang bebas, maka pakailah kebebasan itu untuk menunjukkan kasih Tuhan pada orang yang kita temui.

Tuhan memberi kita teman agar kita dapat saling melengkapi serta melakukan hal baik bersamanya, bukan hal buruk.

Ayat Hafalan:

Galatia 6:2, “Bertolong-tolonganlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus”.

Komitmenku hari ini :

Terima kasih, Tuhan, untuk orang-orang istimewa yang Tuhan beri dalam hidup kami. Ajar kami juga untuk menjadi teman yang istimewa buat orang lain.

KB_2 – NJ

Pengumuman :

Wah kita sudah masuk di Bulan Natal … Jangan lupa adik-adik semuanya, untuk mengikuti ibadah Elohim Kids di acara Sunday Funday special Natal besok ya … hari minggu jam 08.15 di chanel Youtube Elohim ministry dengan tema :

“Berita Sukacita Besar”

Ayo kita bersukacita Bersama memuji Tuhan dan juga yang paling penting kita belajar Firman Tuhan.

Untuk aktivitas besok adik-adik perlu siapkan Alat dan Bahan

  1. Kertas warna warni
  2. spidol
  3. gunting
  4. lem

Sampai jumpa besok ya … Tuhan Yesus memberkati.