Renungan Harian Youth, Sabtu 10 Oktober 2020

Syalooom… selamat pagi teman- teman remaja pemuda ELOHIM. Apa kabarnya hari ini? Semoga kita sehat dan selalu dalam lindungan Tuhan. Banyak orang yang setuju kalau peperangan yang paling besar adalah peperangan terhadap diri sendiri. Kenapa? Karena didalam diri kita seperti ada dua kubu yang sedang berperang dan kita sendirilah yang menentukan siapa pemenangnya. Dan tentu saja kita tidak mau menjadi orang-orang yang kalah dalam hidup ini. Sebagai anak muda, firman Tuhan memberikan pesan dalam kehidupan kita.

Dalam I Yohanes 2: 13c dan 14c menangatakan,

”Aku menuliskan kepada kamu, hai orang-orang muda, karena kamu telah mengalahkan yang jahat. (14c) Aku menuliskan kepada kamu, hai orang-orang muda, karena kamu kuat, dan firman Allah diam didalam kamu dan kamu telah mengalahkan yang jahat.”

Bagaimana supaya kita tidak dikalahkan oleh yang jahat?

Pertama-tama mari kita lihat terlebih dahulu melihat, Siapa “si” jahat?

Yohanes 8:44,”ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.” Ya.. dia adalah iblis.

Bagaimana cara kerja iblis dalam kehidupan manusia?

  • Matius 13:19 iblis merampas firman yang ditaburkan.
  • Yohanes 3:19-20, iblis menarik perhatian manusia: sehingga manusia lebih menyukai yang gelap dari pada terang.
  • Yohanes 10:10 iblis digambarkan seperti pencuri, membunuh dan membinasakan.
  • Wahyu 12:9; 20:10 iblis selalu menyesatkan orang.
  • Dan Zakharia 3:1, iblis selalu mendakwa manusia.

Ketika manusia mengalami kekalahan, maka manusia akan merasa lelah, malu, kecewa dan menangis. Tapi tentunya, kita tidak mau menjadi orang-orang yang kalah. Karena Yesus telah menang mengalahkan iblis, sehingga kita menjadi orang-orang yang menang didalam Tuhan.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan untuk menjadi seorang pemenang.

Pertama, Harus Kuat.

Orang muda selalu identik dengan kekuatan.

Amsal 20:29,”Hiasan orang muda ialah kekuatannya.”

Tetapi untuk mengalahkan yang jahat bukan dihadapi dengan kekuatan otot kita tetapi dengan kekuatan Tuhan.

Efesus 6:10 mengatakan, “Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya.”

Yang kedua, Harus tinggal dalam Firman (Yohanes 15),

Mazmur 119:9, “Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaga sesuai firman-Mu.”

Sikap yang bersih membuat seseorang dapat mengekspresikan kebaikan kepada orang lain.

Ketiga, Jangan mengasihi dunia ( I Yohanes 2:15-16).

Ketika seorang mengasihi dunia, maka pastinya tidak akan mengasihi Bapa di Sorga. Dan keinginan-keinginan daging merupakan perlawanan terhadap kehendak Allah. Keempat, Ikuti kehendak Allah (I Yohanes 2:17). Ketika dunia lenyap dengan segala keinginannya, maka anak-anak Tuhan yang melakukan kehendak Tuhan akan tetap hidup.

Kasih kepada Allah membuat kita benci kepada hal-hal yang jahat. Tinggal didalam firman-Nya membuat kita tidak melakukan kejahatan, dan mengikuti kehendak Allah menjadikan kita pemenang.

Roma 8:37,”Tetapi dalam semuanya itu, kita lebih daripada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.”

Komitmenku hari ini

Tuhan Yesus sudah menyediakan kemenangan bagiku, aku mau hidup dalam kemenangan setiap hari. Aku percaya Tuhan akan menolong dan memampukan aku

Amin.

MW – AS

PENGUMUMAN …

Buat rekan-rekan youth … jangan lupa nanti sore di chanel youtube Elohim ministry … Nanti sore ada EL-Rei jam 16.30 yang akan menemani kalian untuk memahami isu-isu yang banyak anak muda hadapi, dan tentunya kita akan belajar juga dari sudut pandang Firman Tuhan … dan tema kita nanti sore adalah “SEKOLAH ONLINE”…
wih pasti menarik ya, tentang seluk beluk sekolah online yang sedang rekan-rekan jalani Sekarang, dan bagaimana kita harus menjalaninya dengan baik.

Dan Juga jangan lupa buat Ibadah sudah bisa digedung gereja jam 06.00 pagi, namun bagi yang mau ibadah dirumah saja tetap ikuti Online besok jam 07.00 dan
Sunday Funday jam 08.15 di chanel youtube Elohim ministry.