Renungan Harian Anak, Sabtu 29 Agustus 2020

Kisah tentang Debora ~ Hakim-hakim 4:4-5

Syalom selamat pagi adik-adik yang dikasihi Tuhan, wah selamat hari sabtu ya… semoga adik-adik dalam keadaan yang baik

Hari ini kakak akan bercerita mengenai seorang tokoh Pahlawan dalam Alkitab, dan yang menarik tokoh ini adalah Seorang Hakim Perempuan yang ada di Israel.

Adik-adik Debora adalah perempuan yang mengasihi Allah dan umatNya. Debora adalah seorang “Nabi Wanita” bagi Israel. Karena Debora adalah pendengar yang baik dan ia ingin menolong bangsa Israel melakukan hal yang benar, maka Allah memberi Debora tugas yang sangat istimewa, yaitu menjadi hakim atas bangsa Israel.

Hakim-hakim 4:5, Ia biasa duduk dibawah pohon korma Debora antara Rama dan Betel dipegunungan Efraim, dan orang Israel menghadap dia untuk berhakim kepadanya

Setiap hari Debora meninggalkan kotanya dan duduk di tempat teduh di bawah pohon kurma yang tinggi. Kalau ada orang yang mempunyai masalah atau perbedaan pendapat, mereka menemui Debora untuk meminta nasehat. Mereka tahu bahwa Debora akan mendengarkan persoalan mereka sehingga Debora dapat menolong mereka memecahkan persoalan tersebut secara adil. Setelah Debora mendengarkan apa yang mereka katakan, Debora memberikan saran yang baik agar mereka dapat hidup bersama dengan rukun. Bangsa Israel menyukai Debora karena Debora menunjukkan sikap peduli kepada mereka dengan mendengarkan apa yang mereka katakan.

Kadang-kadang kita sulit untuk mendengarkan orang lain berbicara. Sebaliknya kita lebih senang mengatakan apa yang kita pikirkan dan apa yang kita inginkan. Tetapi hari ini kita mau belajar dari Debora, belajar menjadi teman yang baik dengan  mendengarkan orang lain berbicara. Saat kita mendengarkan orang lain berbicara, itu tandanya kita mengasihi dan menghargai mereka.

Seperti Debora, kita dapat menolong teman dan keluarga kita dengan cara mendengarkan mereka saat mereka berbicara.

Ayat Hafalan hari ini ada di:

Yakobus 1:19b, Setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah.

Komitmenku hari ini

Terimakasih Tuhan , karena memberi saya dua telinga dan satu mulut. Tolonglah saya agar lebih banyak mendengar daripada berbicara, sehingga saya dapat menunjukkan kasih kepada sesama.

VA – NJ

Pengumuman :

Jangan lupa adik-adik semuanya, untuk mengikuti ibadah Elohim Kids di acara Sunday Funday ya … Besok hari minggu jam 08.15 di chanel Youtube Elohim ministry dengan tema :

“SEMUANYA BAIK”

Ayo kita bersukacita Bersama memuji Tuhan dan juga yang paling penting kita belajar Firman Tuhan.

Untuk aktivitas besok adik-adik perlu siapkan.

  1. Kertas Gambar/HVS warna Putih
  2. Pensil dan alat tulis
  3. Pansil Warna atau crayon
  4. Kertas lipat berwarna
  5. Gunting & Lem

Sampai jumpa besok ya … Tuhan Yesus memberkati.