Renungan Harian Anak, Rabu 07 Oktober 2020

Hai..hai..hai.. Selamat Pagi anak-anak Tuhan yag hebat.. Yuk..yuk.. bergegas bangun buat adik-adik yang mungkin baru bangun tidur dan persiapkan diri kalian buat dengerin renungan hari ini yaa..

Sebelumnya kakak punya cerita buat adik-adik semuanya…

“Tito…ini sudah malam, ayo masuk ke kamarmu dan tidur, sebab besok pagi kamu harus bangun untuk daring bersama ibu guru loh,” kata Mama mengingatkan. “Ya…sebentar lagi Ma, filmnya lagi seru, kalau aku tidur sekarang aku nggak akan tahu bagaimana akhirnya,” kata Tito tetap duduk di depan laptop. “Tito, aturan dirumah yang kita sepakati, jam sembilan kamu sudah harus tidur, bukan?” Mama mengingatkan. “Ah, aku bosan dengan aturan! Semua ada aturan. Aku ingin di dunia ini nggak ada aturan supaya aku bebas melakukan apa saja!” kata Tito sambil cemberut masuk ke kamarnya.

Wah wah, apa benar yang dilakukan Tito? Jelas salah ya..Padahal aturan dibuat agar kita menjadi anak-anak yang makin disiplin dan patuh loh. Kalau aturan tidak ada maka dunia ini akan kacau-balau, semua orang berbuat yang mereka inginkan. Kejahatan terjadi di mana-mana dan kehidupan kita tidak aman. Siapa yang mau hidup seperti itu?

Adik-adik, yuk sama-sama kita membaca Hakim-hakim 17:6, “Pada zaman itu tidak ada raja di antara orang Israel; setiap orang berbuat apa yang benar menurut pandangannya sendiri”. Setelah masa hakim-hakim dan sebelum ada raja di tengah orang Israel, mereka hidup tanpa aturan. Kehidupan mereka sangat kacau, semua orang bertindak sesuai dengan apa yang mereka anggap baik sehingga sering kali mereka berperang untuk mendapatkan apa yang mereka mau. Bahkan, mereka bertengkar di antara mereka sendiri. Tentu bukan keadaan seperti ini yang dikehendaki oleh Tuhan.

Adik-adik tahu ada banyak hal yang buruk terjadi karena orang-orang yang tidak taat peraturan, seperti dijalan raya, ada banyak kecelakaan yang terjadi akibat orang-orang yang tidak mematuhi aturan lalu lintas. Setiap aturan yang dilakukan pasti berdampak baik, tetapi jika aturan dilanggar selain berdampak buruk maka, ada hukuman bagi yang melanggar aturan.

Nah Adik-adik, dalam kehidupan kita peraturan juga dibutuhkan, seperti kapan kita harus belajar, kapan kita harus mandi dan boleh menonton televisi ataupun menonton film atau bermain HP dan maen games. Kalau setiap anak bebas melakukan apa saja pasti rumah kita akan kacau, hidupnya akan kacau. Mari kita belajar untuk menaati aturan ya … baik di dalam rumah, disekolah (yang masih dari rumah), di lingkungan disekitar kalian. Apalagi dimasa pandemi begini, wah ada peraturan pemerintah yang mewajibkan kita semua mematuhi protokol Kesehatan, adik-adik semuanya harus patuhi ya seperti rajin cuci tangan, jaga jarak dan pakai masker. Ayo jadi anak yang patuh dengan aturan yang berlaku, anak Taat pasti dikasihi oleh Tuhan.

Ayat hafalan :

Yehezkiel 20:19,” Akulah Tuhan Allahmu: Hiduplah menurut ketetapan-ketetapanKu dan lakukanlah peraturan-peraturanKu dengan setia.”

Komitmenku hari ini :

Aku akan selalu taat akan perintah Tuhan dan juga orang tuaku, peraturan itu penting untuk dilaksanakan

AEP – GCT