Percaya_diri_jadi_berkat

Renungan Harian Anak, Kamis, 10 September 2020

Haii Adik adik yang terkasih dalam Tuhan, wah kita sudah masuk bulan September ya.. Bagaimana sekolah kalian? Meskipun dirumah harus tetap sungguh sungguh belajar ya.. Kita mau dengerin Firman Tuhan hari ini tapi kita berdoa dulu yaa

Adik adik, kakak mau tanya nih.. Adik adik tahu tanaman putri malu tidak? Nah Kalo adik adik tidak tahu tanaman putri malu itu apa kakak beritahu ya..

Putri malu adalah tanaman pendek anggota suku polong-polongan yang mudah dikenal karena daun-daunnya yang dapat secara cepat menutup/layu dengan sendirinya saat disentuh ditiup atau dipanaskan. Kelayuan ini bersifat sementara karena setelah beberapa menit keadaannya akan pulih seperti semula. Wah ternyata ada ya tanaman yang lucu seperti itu dan tanamannya suka malu. Nah adik pernah tidak seperti tanaman putri malu yang suka menutup diri atau malu kalau disuruh papa mama menyapa tetangga sekitar, disuruh membeli sesuatu ke toko dekat rumah atau malu kalau harus tampil untuk mengumpulkan tugas sekolah.

Tidak hanya malu sih sering kita ragu atau tidak percaya diri dengan apa yang kita kerjakan. Harus ingat pesan firman Tuhan di ayat ini

Filipi 4:13 Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Nah segala ketakutan, keraguan dan tidak percaya diri mari kita serahkan pada Tuhan dan Tuhan akan memberi kekuatan bagi kita. Kepercayaan diri adalah keyakinan bahwa kita dapat melakukan segala sesuatu yang Tuhan minta untuk kita lakukan karena kasih karunia-Nya. Melalui kekuatan-Nya kita dapat mengalahkan keraguan terhadap diri sendiri dan pikiran yang negatif. Masih ingat kisah Yosua dan Kaleb saat ditunjuk untuk menjadi pengintai di tanah yang telah dijanjikan oleh Tuhan yaitu tanah Kanaan, dikisahnya mereka berdua adalah sosok yang pemberani dan percaya diri, tidak takut sedikitpun. Mereka bisa meyakinkan bangsa Israel untuk dapat sampai dan tinggal di tanah Kanaan. Dan benar adik adik dengan percaya diri serta keberanian Yosua dan Kaleb, bangsa Israel dapat memasuki tanah Kanaan dan yang paling penting Yosua dan Kaleb mengandalkan Tuhan.

Amsal 3:5-6percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.”

Jika kita percaya bahwa Tuhan di dalam kita, memimpin dan membimbing kita karena kita meminta-Nya, maka kita seharusnya mempunyai kepercayaan diri bahwa Dialah yang mengarahkan hidup kita.

Kita harus memilih untuk percaya dalam janji-Nya, bukan pendapat orang lain atau bahkan pikiran dan perasaan kita sendiri.

Nah ayo adik adik yang terkasih mulai hari ini kita belajar menjadi anak anak yang percaya diri tidak boleh malu dan takut ya, buktikan kalau anak anak Tuhan adlah anak yang pemberani dan percaya diri..  

Ayo kita baca Ayat dalam Alkitab.

Yosua 1:9b “kuatkan dan teguhkanlah hatimu. Janganlah kecut dan tawar hati, sebab Tuhan, Allahmu menyertai engkau kemanapun engkau pergi.”

Komitmenku hari ini:

Tuhan Yesus mulai hari ini aku mau belajar menjadi anak yang percaya diri dan dapat jadi berkat buat sekitar kami.

KCP – RS